Pendidikan yang Memerdekakan di Tomoe Gakuen pada Novel “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela”

Authors

  • Shinta Prasti Permatadewi - Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pendidikan memerdekakan, Novel Totto-Chan, Tomoe Gakuen

Abstract

Menjelang akhir 2019, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim membuat kebijakan berupa kurikulum merdeka. Dalam pelaksanaannya memerlukan referensi untuk mewujudkan pendidikan yang memerdekakan. Dalam novel “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela” terdapat konsep pendidikan yang memerdekakan pada Tomoe Gakuen. Oleh karena itu diperlukan eksplorasi mendalam terhadap novel “Totto- Chan, Gadis Cilik di Jendela”. Tujuan penelitian ini untuk membahas kurikulum merdeka dan pendidikan yang memerdekakan serta pendidikan yang memerdekakan pada Tomoe Gakuen, sekolah dasar pada novel “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian novel “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela”. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan studi literatur. Hasil penelitian ini yaitu pendidikan yang memerdekakan merupakan proses memberikan kebebasan pada peserta didik dalam mengatur diri, tumbuh, dan berkembang sesuai dengan kodratnya, yang mana kesemuanya itu terdapat dalam novel. Sebagaimana yang diterapkan Sosaku Kobayashi pada Tomoe Gakuen tempat Totto-Chan sekolah.

References

Buda Ketut, dkk. 2020. Pendidikan yang Memerdekakan dalam Film “Sokola Rimba”. Denpasar: Gorga Jurnal : Seni Rupa

Cepi Berlian Ujang, dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Bandung: Journal of Educational and Language Research Vol. 1, No. 12

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022. Kuroyanagi, Tetsuko. 2008. “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela”. Jakarta: Gramedia

Rahmadayanti Dewi, dkk. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Kampar: Jurnal Basicedu Vol. 6, No. 4

Rifqi Hamzah Mohammad, dkk. 2022. Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Konawe Selatan: Arden Jaya Publisher

Tauchid, M. 2014. Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Taman Siswa

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

-, S. P. P., & Akwani. (2023). Pendidikan yang Memerdekakan di Tomoe Gakuen pada Novel “Totto-Chan, Gadis Cilik di Jendela”. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 93–96. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1077