Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia

Authors

  • Eka Anggraeni Kusumaningrum Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Ki Hajar Dewantara, Sistem Among

Abstract

Pemikiran Ki Hajar Dewantara relevan jika dihubungkan dengan pendidikan pada era ini. Pada pemikiran Ki Hajar Dewantara kita mengenai sistem among dan pendidikan budaya. Jika pembelajaran dilakukan dengan berdasarkan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara bukan tidak mungkin tujuan pendidikan kita untuk menciptakan peserta didik yang kreatif, inovatif, dan berkarakter tentu dapat dengan mudah terwujud. Pendidikan pada era ini pada pelaksanaannta sudah banyak menyerap pemikiran dari Ki Hajar Dewantara. Baik pada Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka, keduanya sama-sama mengembangkan sistem among milik Ki Hajar Dewantara dimana peran guru sedikit demi sedikit berkurang. Sebagai pendidik, diharapkan kita memiliki kemampuan untu mengenali kemmapuan, potensi dan karakteristik peserta didik kita, hal ini sangat berguna untuk merancang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan agar siswa merasakan kemerdekaan belajar dan tidak merasa terbebani ketika belajar.

References

Istiq’faroh Nurul, (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar di Indonesia. Sidoarjo: Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Diakses melalui: https://journal.unusida.ac.id/index.php/jls/article/view/266

Nurhtila,N & Hudaidah. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. Palembang: Universitas Sriwijaya. Diakses melalui: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/299

Riyanti, D., Irfani, S., Prasetyo, S. (2022). Pendidikan Berbasis Budaya Nasional Warisan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Universitas Terbuka Yogyakarta. Diakses melalui: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1833

Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Yogyakarta. Diakses melalui: https://www.researchgate.net/publication/332882406_PENDIDIKAN_KARAKTER_DALAM_KONSEP_PEMIKIRAN_PENDIDIKAN_KI_HAJAR_DEWANTARA

Tarigan, M., Alvindi., Wiranda, A., Hamdany, S., Perdamean (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatra Utara. Diakses melalui: https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/3922/1439

Yanuarti. (2017). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Bengkulu: STAIN Curup Bengkulu. Diakses melalui: https://core.ac.uk/download/pdf/298614675.pdf

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Kusumaningrum, E. A. (2023). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Perkembangan Pendidikan Indonesia. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 343–346. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1061