Penguatan Nilai-Nilai Pancasila pada Pendidikan Era Digital

Authors

  • Suhartini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Nilai Pancasila, Pendidikan, Era Digital

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengajarkan pentingnya penguatan nilai-nilai Pancasila pada era digital dalam pendidikan saat ini. Pancasila menjadi peran yang penting dalam dunia pendidikan di era digital, antara lain pembelajaran yang berhubungan dengan Tuhan, mengajarkan kemanusiaan dan dan adab yang baik, persatuan, bermusyawarah, dan mengajarkan keadilan. Penguatan nilai-nilai Pancasila menjadikan generasi yang siap tantangan dan memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Problem dan tantangan era digital di Indonesia dapat dicegah dengan cara menguatkan nilai-nilai kebangsaan dari Pancasila di dalam pendidikan sebagai pondasi karakter. Dengan demikian, bentuk penguatan nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan dengan sungguh-sungguh.

References

Adhayanto, Oksep. (2015). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam

Pembentukkan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 166-

, from https://jih.ejournal.unri.ac.id/index. php/JIH/article/view.

Khosiah, Nur. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 84-100, from https://www.neliti.com/id/ publications/332708.

Retno, Ajeng Sri., Furnamsari, Yayang F., & Dewi, Dinie A. (2021). Penguatan Nilai Kebangsaan Pancasila sebagai Pondasi Karakter Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Perubahan Zaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), 9347-9378, from https://jptam.org/index.php/ jptam/article/view/2482.

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, I. W. (2019). Filsafat

Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3),

–136, from https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/article/view/22187.

Undang-Undang Republik Indonesia 2003 No. 20. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Suhartini. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila pada Pendidikan Era Digital. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 256–260. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1049