Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Materi Perubahan Wujud Benda melalui Media Digital Smart Book pada Peserta Didik Kelas V UPT SDN 238 Gresik

Authors

  • Suhartini Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Puput Widowati UPT SDN 238 Gresik – Menganti Gresik
  • Sukimin UPT SDN 238 Gresik – Menganti Gresik

Keywords:

Hasil Belajar, Perubahan Wujud Benda, Media Digital Smart Book

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi perubahan wujud benda melalui media digital smart book pada peserta didik kelas V UPT SD Negeri 238 Gresik”. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas melalui dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang digunakan yaitu seluruh kelas V tahun pelajaran 2022-2023 di UPT SD Negeri 238 Gresik terdiri 31 anak. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi dengan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar Tema 7 materi perubahan wujud benda kelas V UPT SD Negeri 238 Gresik telah mengalami peningkatan setelah pelaksanaan siklus I dan II dengan menggunakan media smart book. Terbukti dengan ketuntasan belajar yaitu 58% di siklus pertama meningkat 87% pada siklus kedua. Pelaksanaan pembelajaran dengan media diperoleh 78% siklus pertama menjadi 88% pada siklus kedua.

References

Aceng, dkk. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital Book Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Caxra, 2(1), 50-56, from https://journal.institutpendidikan. ac.id/index.php/caxra/article/1664/113.

Kasmita, dkk. (2021). Pengaruh Model CORE terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Gugus 02 Kuta Utara. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 42-50, from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnalep/article/view/ 249/258.

Mutjahidin & Oktarianto, M. L. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Dasar: Kajian Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 108-118, from https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/ article/view/12263.

Pratama. Aldo P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-95), from https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1731/571.

Sutendi, Sasa Ayu. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Media Digital Smart Book pada Muatan IPA Materi Siklus Air di Kelas V SDN 10 Kwandang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo. From https://repository.ung.ac.id/en/skripsi/ show/151417119.html.

Turisia, Ria P. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual Materi Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Science Education, 1(1), 174-192, from https://journal.centrism.or. id/index.php/mijose/article/view/110.

Vikiantika, Alvin., Primasatya, N., & E, Yoeni. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Penggerak pada Mata Pelajaran Matematika melalui Media Pembelajaran Berbasis Flibook. Jurnal Basicedu, 6(2),2002-2013, from https: https://jbasic.org/index.php/basicedu.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Suhartini, Rulyansah, A., Widowati, P., & Sukimin. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tema 7 Materi Perubahan Wujud Benda melalui Media Digital Smart Book pada Peserta Didik Kelas V UPT SDN 238 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 251–255. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1039