Model Problem Based Learning Berbantuan Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Siklus Air
Abstract
Pendidik perlu melakukan variasi model dan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Memberikan pembelajaran yang optimal akan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran, sehingga hasil belajar akan memuaskan. Hasil pra tindakan di SDN Jemundo 1 menunjukkan mengalami kesulitan pemahaman dalam materi siklus air. Penggunaan variasi model dan media belum diberikan secara bersamaan. Oleh karena itu, penerapan model PBL berbantuan gambar diberikan untuk menjadi solusi meningkatkan hasil belajar kognitif materi siklus air. PTK dilakukan kolaboratif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, obervasi, dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik di kelas V. Data dikumpulkan melalui tes dan dokumentasi. Penelitian bertujuan meningkatkan nilai peserta didik dalam pemahaman materi siklus air. Pada pra tindakan 4 dari 30 peserta didik memenuhi KKM. Pada siklus 1 mengalami kenaikan menjadi 15, dan siklus II mengalami kenaikan menjadi 25 peserta didik.
References
Agustina E., Dian N. A & Mega P. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual pada Materi Sıklus Air di Kelas V SDN 5 Kampung Baru. Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, (Online), Jilid 9, No. 2, (https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i2.4921, diakses 6 Mei 2023).
Aprilianingrum D & Krisma W. W (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, (Online), Jilid 5, No. 2, (https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871, diakses 16 Mei 2023).
Erayani, L. G. N & I N. J. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, (Online), Jilid 6, No. 2, (https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48525, diakses 6 Mei 2023).
Hendriyani, A. P., et al. (2021). Studi Literatur Model Probelm Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Universitas PGRI Adi Buana, Surabaya, 24 Maret (pp. 151-155).
Junaedah & Muslimin I. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya. Prosıdıng Natıonal Conference for Ummah, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, 30 Desember (pp 663–670).
Manizar, Elly. (2015). Peran Guru Sebagaı Motıvator Dalam Belajar. TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, (Online), Jilid 1, No. 2, (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047, diakses 16 Mei 2023)
Sari, K. P., Fitri P. R & Widodo (2022). Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Educatif: Journal of Education Research, (Online), Jilid 4, No. 3, (https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.233, diakses 6 Mei 2023).
Wulandari., Ferina A., Sukamto & Sri M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, (Online), Jilid 9, No. 1, (https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.750, diakses 6 Mei 2023)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Khalida Hardani, Afib Rulyansah, Lauhil Mahfuzh Isman, Fatchur Rozi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.