Urgensi dan Strategi Internalisasi Nilai-nilai Pancasila: Evaluasi Kegiatan Pelatihan bagi Pendidik Jenjang SMP di Kabupaten Magetan

Authors

  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Harmanto Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Universitas Negeri Surabaya
  • Sueb Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.915

Keywords:

Budaya Sekolah; Internalisasi; Pancasila; Pembelajaran; Pelatihan

Abstract

Pancasila merupakan cita-cita bangsa dan sistem nilai yang dieksplorasi dari nilai-nilai luhur dan kearifan lokal Nusantara serta bagian dari pemikiran peradaban dari bangsa Indonesia. Tujuan dari kegiatan studi ini adalah merepresentasikan urgensi materi pelatihan dan ragam strategi menginternalisasi nilai-nilai pancasila melalui pembelajaran dan budaya sekolah bagi pendidik di Kabupaten Magetan. Jumlah partisipan dari kegiatan ini adalah pendidik di Kabupaten Magetan sejumlah 97 orang. Kegiatan pelatihan terdiri tiga tahap, yaitu: persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan pendampingan. Instrumen penelitian bentuk angket yang isi menggunakan Google Form. Hasil respons partisipan pelatihan secara umum untuk tiap indikator urgesi materi PKM menujukkan preferensi positif dengan mayortitas skor berkategori sangat baik dan baik. Ragam strategi menginternalisasi nilai-nilai pancasila yang dominan disampaikan oleh partisipan melalui (1) budaya di sekolah; (2) implemetasi pembelajaran; (3) pembentukan karakter; (4) menjadikan diri sebagai teladan, (5) peran serta masyarakat; dan (6) kegiatan ekstrakurikuler. Simpulan pelatihan internalisasi nilai-nilai Pancasila di SMP melalui pembelajaran dan budaya sekolah dapat dikemukakan bahwa Internalisasi proses internalisasi merupakan hal sangat penting dalam konteks kehidupan yang diantaranya melalui budaya sekolah; pembelajaran, pembentukan karakter; keteladan, peran serta masyarakat; dan ekstrakurikuler. Rekomendasi diantaranya (1) Perlu dikembangkan lebih lanjut berkaitan dengan materi internalisasi nilai-nilai Pancasila di SMP dan (perlu dilakukan pengembangan tentang metode yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai Pancasila di SMP yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, peran serta masyarakat; berbasis dengan kearifan lokal sehingga dapat membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kultur masyarakat setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Covid -19 Pandemic. SHEs: Conference Series, 4(4), 63-69.

Artanti, A. H., & Subekti, H. (2021). Rekognisi Video Conference: Interes dan Ekspektasi Pelajar Saat Pandemi Covid-19. Eduscince, 1(2), 11-21.

Fealy, G. (2020). Jokowi in the Covid-19 Era: Repressive Pluralism, Dynasticism and the Overbearing State. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 301-323. doi:10.1080/00074918.2020.1846482

Fitri, D. A. (2019). pancasila as a legal science paradigm. International Journal of Law Recontruction, 3(2), 123-133.

Hanpalam, T. (2021). The Value of Pancasila as Strengthening the Character Building of the Indonesian Nation. SHEs: Conference Series, 4(4), 172 - 178.

Hastangka, H., & Ma'ruf, M. (2021). Metode Pancasila dalam Menangkal Radikalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 18(2), 115-129. doi:10.24114/jk.v18i2.23538

Hidayat, B. (2018). Mengembangkan pendidikan karakter calon guru sejarah melalui lesson study. Jurnal Historia 6(1), 151-160.

Kardiman, Y., Muchtar, S. A., Abdulkarim, A., & Sapriya. (2020). Pancasila and Civilized Society. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume, 418(1), 380-385.

Lenggono, P. S. (2021). Historical Review of The Origin of Pancasila as a Philosophical Basis for The Implementation of Pancasila Economic System. SHEs: Conference Series, 4(4), 242-252.

LP3M. (2020a). Panduan Internalisasi Nilai Pancasila melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

LP3M. (2020b). Panduan Internalisasi Pancasila Melalui Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Mahfud, C., Saifulloh, M., Prasetyawati, N., Agustin, D. S. Y., Suarmini, N. W., Hendrajati, E., & Hidayat, M. C. ( 2021). Digitizing The Values of Religious Character, Pancasila and Citizenship Education Through Youtube. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 170-177. doi:10.36835/modeling.v8i2.907

Malaka, S., Sanusi, Ruslan, & Maimun. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila aan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(1), 131-137.

Manik, T. S., Riyanti, D., Murdiono, M., & Prasetyo, D. (2021). Eksistensi LGBT Di Indonesia dalam Kajian Perspektif HAM, Agama, dan Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 18(2), 84-91. doi:10.24114/jk.v18i2.23639

Monalisa. (2021). Pancasila Values in the Business Event Against Entrepreneurial Attitudes. SHEs: Conference Series, 4(4), 237-241.

Noventari, W. (2018). Harmonisasi nilai-nilai pancasila dalam sistem among sesuai dengan alam pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 1(1), 50-59.

Novitasari, F., Suhadak, A., Anggraini, A., & Wiradimadja, A. (2021). Grebeg Pancasila: Peringatan Lahirnya Pancasila Dan Makna Nilai Filosofisnya. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 4(1), 36-43. doi:10.17977/um032v4i1p36-43

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(1), 119-127.

Pratiwi, E. P. (2020)). Pancasila Values Education in Learning History in Indonesia. SHEs: Conference Series, 3(2), 43-49.

Rofiq, A. C. (2020). Ideal Relationship Between Pancasila and Indonesian Muslims. Jurnal Aristo, 8(2), 274-296.

Ruhadi, & Wiratomo, G. H. (2021). Building the Character and Thought Structure of Political Actors based on Pancasila Politics. SHEs: Conference Series, 4(4), 152-159.

Salampessy, Z., Triyuwono, I., Irianto, G., & Hariadi, B. (2018). Pancasila Paradigm: Methodology of Wawasan Nusantara for Accounting of Pancasila. Australasian Accounting, Business and Finance Journal, 12(1), 102-117. doi:10.14453/aabfj.v12i1.7

Shomad, B. A. (2021). Implementing Islamic Leadership Values in Pancasila. Advances in Economics, Business and Management Research, volume, 168(1), 438-444.

Sitorus, J. H. E. (2016). Pancasila-based Social Responsibility Accounting. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 700-709. doi:10.1016/j.sbspro.2016.05.054

Soekarnoputri, M. (2021). The Establishment of Pancasila As The Grounding Principles of Indonesia. Jurnal Pertahanan, 7(1), 122-136. doi:10.33172/jp.v7i1

Subekti, H., Taufiq, M., Ibrohim, Suwono, H., & Susilo, H. (2018). Examining of information literacy and science process skills towards grade point average: A preliminary research. 5(2), 72-78.

Subekti, H., Widiansyah, A. T., & Purnomo, A. R. (2020). Representation of Information Literacy Skills Interpreted From GPA and Gender: A Study of Prospective Science Education Teachers. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 491, 1193-1198.

Subekti, H., Widodo, W., Hidayati, S. N., Aulia, E. V., & Mahdiannur, M. A. (2021). Media Interaktif Berbasis Gawai: Cara Praktis Pengembangan Media Pembelajaran Sains saat Pandemi COVID-19. Surabaya: Graniti.

Subekti, H., Yuhanna, W. L., Susilo, H., Ibrohim, & Suwono, H. (2018). Representation of Mutual Terms and Research Skills Towards Grade Point Average: Exploration Study. Florea, 5(1), 1-10. doi:10.25273/florea.v5i1.2500

Sumardjoko, B., & Subowo, A. (2021). The Implementation of Javanese Local Wisdom Values as Strengthening the Practice of Pancasila. SHEs: Conference Series, 4(4), 186 - 193.

Ulfah, N., Minasari, A., & Hidayah, Y. (2021). Actualization of Pancasila In The Implementation of Ethical Democracy In The Global Era. Innovative: Journal of Social Science Research, 1(1), 16-27.

Wiratomo, G. H., Wahono, M., & Kristiono, N. (2017). Model Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru PPKn Jenjang SMP di Kota Semarang. Integralistik, 28(1), 119-130.

Yavuz, T. B., & Karip, E. (2021). Democratic School Culture: Investigating An Educational Practice of Democracy in Schools A Study on Democratic Citizenship and Human Rights Education Project in Turkey. Leadership and Policy in Schools, 1-20. doi:10.1080/15700763.2020.1866019

Yuliana. (2021). Pancasila Values in Social-Cultural Perspective. SHEs: Conference Series, 4(4), 203-212.

Downloads

Published

2022-04-14

How to Cite

Hasan Subekti, Bambang Yulianto, Harmanto, Martadi, & Sueb. (2022). Urgensi dan Strategi Internalisasi Nilai-nilai Pancasila: Evaluasi Kegiatan Pelatihan bagi Pendidik Jenjang SMP di Kabupaten Magetan . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 866–878. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.915