Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Bluru Kidul Sidoarjo

Authors

  • M. Shodiq Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Siti Maimunah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.905

Keywords:

Menanamkan Nilai-nilai Pancasila, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Menanamkan nilai-nilai Pancasila sangat tepat apabila diberikan kepada anak sejak Sekolah Dasar. Hal ini dimaksudkan agar setelah mereka dewasa akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Anak masih membutuhkan bimbingan dari orang tua dan orang-orang terdekat untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada anak dan pembelajaran tentang Pancasila dengan metode permainan menghafal Pancasila, menyanyikan lagu Garuda Pancasila, serta menebak gambar lambang pada burung garuda, kuis menebak gambar para pahlawan dan cara-cara lain yang menyenangkan bagi anak. Saya melihat bahwa di Desa Bluru Kidul sebagian anak Sekolah Dasar belum hafal Pancasila dan belum tahu cara menerapkannya, oleh sebab itu saya melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pendidikan di Desa Bluru Kidul Kecamatan Sidoarjo, bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila pada anak agar anak mengenal Pancasila sebagai ideologi negara dan sanggup menghafal Pancasila dan nantinya dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-sehari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, As’ad Said (2010). Negara Pancasila Jalan Menuju Kemaslahatan, LP3ES

Alfaqi, M. Z. (2016). Melihat sejarah nasionalisme Indonesia untuk memupuk sikap kebangsaan generasi muda. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12745

Abdulgani, Roeslan. (tt b). Resapkan dan Amalkan Pantjasila. Jakarta: BP Prapantja.

Asshiddiqie, Jimly. (2009). Menuju Negara Hukum yang Demokratis. Jakarta : Buana Ilmiah Populer.

Atmosudiro, Sumiyati. (2004). Mempertanyakan Jatidiri Bangsa. Yogyakarta: Unit Pengkajian dan Pengembangan, Fakultas Ilmu Budaya, UGM.

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200. https://doi.org/10.47080/propatria.v2i2.593

Baghi, Felix.(Eds). (2009). Kewarganegaraan Demokratis dalam Sorotan Filsafat Politik. Maumere : Penerbit Ledalero

Bahar, Saafroedin & Hudawatie, Nanie. (Peny) (1998). Risalah Sidang BPUPKI dan PPKI. Jakarta : Sekretariat Negara RI

Djahir, Y. 2019. Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Deepublish

Setijo Pandji (2006). Pendidikan Pancasila Persspektif Sejarah Perjuangan Bangsa, Grasindo

Sutoyo (2011), Pendidikan Kewarganegaraan, Graha Ilmu

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Shodiq, M. ., & Maimunah, S. . (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar di Desa Bluru Kidul Sidoarjo . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 1005–1015. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.905