Pembinaan Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak di Masjid An-Nuur Kebun Raya OI

Authors

  • Abdul Gafur Universitas Sriwijaya, Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Sriwijaya, Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Endang Switri Universitas Sriwijaya, Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Apriyanti Apriyanti Universitas Sriwijaya, Indralaya, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.867

Keywords:

Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, Hukum Nun Mati atau Tanwin

Abstract

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah pembinaan tentang baca al-qur’an dengan hukum bacaan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan huruf hijaiyah. Hal ini dilakukan karena banyaknya anggota masyarakat terutama anak anak yang belum memahami bahkan belum tau tentang hukum bacaan tajwid seperti ketika ada nun matai atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah. Kegiatan merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni mengajarkan membaca al-qur’an namun sebatas membaca dan untuk lanjutannya yakni hukum bacaan tajwid karena hal ini sangat penting dilakukan. Karena belajar dan mengajarkan al-Qur’an merupakan kewajiban bagi kaum muslimin dan muslimat, dan ketika kita membaca al-qur’an dengan salah maka akan berdosa.oleh karena itu kegiatan ini sangat perlu dilakukan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi pengetahuan kepada masyarakat khusunya bagi anak-anak yang di Kebon Raya kelurahan Indralaya Raya kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar menurut ilmu Tajwid terutama hukum bacaan nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah, baik bacaan izhar halqi, ikhfa hakiki, iqlab, dan idghom bila ghunnah serta idghom ma’al ghunah. Karena ketika kita salah membaca huruf al-Qur’an maka akan berpegaruh kepada makna atau arti dari ayat tersebut. Metode yang di gunakan dengan ceramah, praktek dan simulasi mencari contoh yang ada dalam al-Qur’an. Hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar membaca al-Qur’an menurut hukum bacaan ilmu tajwid serta bagi mereka yang pernah belajar untuk mengingatkan kembali pelajaran mereka. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata rata sebelum kegiatan yakni 50 dan rata rata nilai sesudah kegiatan 70. Dan kegiatan ini perlu tindak lanjutan mengingat begitu pentingnya belajar al-qur’an beserta tajwidnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu Ya’la Kurnaedi. (2013). Tajwid Lengkap asy-Syafi’I. Jakarta: Pustaka Imam asy-Syafi’I.

Ad Dani. (2000). at Tahdid fil Itqan wa at Tajwid, Oman: Dar ‘Ammar.

Alsharbi, Bayan, M, Omar Mubin, & Mauricio Novoa. ‘Quranic Education and Technology: Reinforcement Learning System for Non-Native Arabic Children’, Procedia Computer Science 184 (2021), 307.

Anggriani Rambe, Arfa, dkk. (2020). Program Pengenalan Ilmu Tajwid Melaui Media Pembelajaran Pohon Ilmu. Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat . Vol. 1, No. 2.105-115. Doi: 10.30596/maslahah.v%vi%i.59.

Ashadiqi, M. Hasbi dkk. (2020). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Rekursif, Vol. 8 No. 1 Maret 2020, ISSN 2303-0755

http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/

Habibbulloh, M., & Arifin, A. (2019). The Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Stad Menggunakan Alat Peraga Alquran Untuk Meningkatkan Penguasaan Tajwid. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.162-04.

Hashim, Azmil, dkk. The Relationship between Pedagogical Content Knowledge and al-Quran Tajweed Performance among Students KKQ in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences 197 (2015) 1530 – 1537. 7th World Conference on Educational Sciences, (WCES-2015), 05-07 February 2015, Novotel Athens Convention Center, Athens, Greece.

Jariyah, A., & Maya Reski Tasman, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri Tk/Tpa Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo. Pena, 2(2), 329–338.

Khairul, K., & Haramain, M. (2018). Aplikasi Digital Risalah Ilmu Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 145–157. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.726

M. Quraish Shihab. (2009). Membumikan Al-Qur’an, Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

M.A, S. nisda. (2018). A Pelatihan Baca Tulis Al-Quran Terhadap Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (Mdta) Amanah Di Jorong Simpang Ampek Nagari Lingkuang Aua. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 301-309. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i2.1612.

Maarif, Vadlya, dkk. (2018). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. Jurnal Evolusi Volume 6 No 1 . 91-100.

Maharani, S. ., & Izzati, I. (2020). Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1288–1298.

https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.596.

Manna’ al-Qaththan. (1998). Mabahits fi Ulumil Qur’an, Jakarta: Ummul Qura.

MUHAMMAD, Defy Habibi. (2018). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 142-162, jan. 2019. ISSN 2528-0465. Available at: <https://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/97>. Date

accessed: 21 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97.

Mulia, Hadi, dkk. (2017). Aplikasi Media Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Mengucapkan Makharijul Huruf Hijaiyah. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah Vol.2 No. 1 Th. 2017 (Page 1-6). e-ISSN: 2502-6445. P-ISSN: 2502-6437.

Musbah J. Aqel, Nida M. Zaitoun. (2015). Tajweed: An Expert System for Holy Qur’an Recitation Proficiency. International Conference on Communication, Management and Information Technology (ICCMIT 2015). Procedia Computer Science 65 ( 2015 ) 807 – 812.

Mustiawani, Vika. (2018). Kepotajwid: Aflikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif. Indoesian Journal of Applied Informatics (IJAI). Vol. 2 No.2 pISSN; 2548-3846. eISSN: 2598-5981.

Nurhasan. Dkk. (2011). Buku Ajar Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Agama Islam. Palembang. Universitas Sriwijaya.

Ri’fat Syauqi Nawawi. (2011). Kepribadian Qur-ani, Jakarta: Amzah.

Rosniati Hakim, (2014). Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2.

Saprina, Sri. M.Irfan. (2020). Ability To Read Quran And Understanding Of Tajwid For Sriwijaya University Students. CONCIENCIA: Journal Islamic Education . vol. 20 No. 2 Desember 2020, 77-84. p-ISSN: 1412-2545 e-ISSN: 2622-7304 http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia.

Sarikin, (2012). Jurnal Ilmu Tarbiyah, “At-Tajdid”, Vol. 1, No. 1.

Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 54–60. Retrieved from http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/80.

Syekh Muhammad Ali Ash-Shabuni. (2001). Al-Tibyan fi Ulumil Qur’an, Jakarta: Pustaka

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Gafur, A. ., Nurhasan, N., Switri, E. ., & Apriyanti , A. . (2022). Pembinaan Ilmu Tajwid Terhadap Anak-Anak di Masjid An-Nuur Kebun Raya OI. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 719–735. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.867