Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Sebagai Knowledge Sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu

Authors

  • Andang Wijanarko Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Rusdi Effendi Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia
  • Yudi Setiawan Universitas Bengkulu, Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828

Keywords:

Kompetensi Guru, Bahan Ajar Digital, Knowledge Sharing, SDIT Iqra 1 Bengkulu, Canva

Abstract

Saat ini belajar memiliki ruang gerak yang sangat luas. Seiring dengan berkembangnya IPTEK khususnya teknologi informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakkan lagi. Selain menggunakan teknologi informasi untuk membantu proses pembelajaran di kelas, guru juga harus dapat mengembangkan bahan ajar yang menarik dan inovatif sebagai suatu hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yang profesional. Berdasarkan analisis situasi SDIT Iqra 1 Bengkulu, menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan bahan ajar berbasis digital dinilai sangat penting dan urgen. Dalam pelatihan peningkatan kompetensi guru ini diterapkan empat metode yaitu presentasi/ceramah, focus group discussion, simulasi dan demonstrasi, serta praktik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berhasil dilakukan yaitu: 1) Pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis digital menggunakan platform Canva. 2) Pelatihan mengunggah bahan ajar berbasis digital ke learning management system sebagai knowledge sharing. Kegiatan PPM ini diharapkan dapat menjadi penerapan Ipteks dan bhakti Fakultas Teknik Universitas Bengkulu dalam membantu mitra untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faisal, Muh., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. http://ojs.unm.ac.id/index.php/pubpend

Hanadwiputra, S. (2019). Perancangan Learning Management System (Lms) Pada Sman 10 Bekasi. Jurnal Ilmiah Infokom, 30–36.

http://journal.piksi.ac.id/index.php/INFOKOM/article/view/162

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants Part 2: Do They Really Think Differently? On the Horizon, 9(6), 1–6. https://doi.org/10.1108/10748120110424843

Wijanarko, A., Setiawan, Y., Efendi, R., Supratman, J. W., Limun, K., & Bengkulu, K. (2021). Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Pada Fase New Normal Melalui Literasi Media Di Sdit Iqra 1 Bengkulu. Abdi Reksa, 2(1), 51–58. www.ejournal.unib.ac.id/index.php/abdireksa

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Wijanarko, A. ., Effendi, . R. ., & Setiawan, Y. . (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Sebagai Knowledge Sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 408–415. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.828

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.