Penerapan Sistem Pelayanan Surat Desa Sebagai Upaya Peningkatan Layanan Masyarakat di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.826Keywords:
Pelayanan Publik, Surat Menyurat, Sistem Pelayanan, Desa MinggirsariAbstract
Saat ini, aspek pelayanan publik menjadi fokus utama di Indonesia. Pelayanan publik yang prima dan efisien sangat diperlukan oleh masyarakat, seperti pengurusan surat menyurat yang mudah dan dapat diakses dimana saja. Tentu saja, hal ini dapat diwujudkan dengan penggunaan teknologi informasi dalam mendukung pelayanan publik. Pemerintah Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar sebagai salah satu perangkat pemerintahan berusaha untuk meningkatkan layanan publik, khususnya proses
pengurusan surat menyurat bagi masyarakat. Penggunaan teknologi informasi di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar telah tersedia, namun hanya sebatas untuk memberikan informasiinformasi desa. Untuk proses pengurusan surat menyurat, Pemerintah Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar masih menggunakan metode manual atau konvensional, artinya masyarakat desa masih harus mengurus dengan datang di Kantor Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Hal ini menjadi tidak efisien disebabkan apabila perangkat desa tidak ada ditempat akan menyebabkan proses pengurusan surat menyurat menjadi tertunda. Dengan diadakan program kemitraan masyarakat ini, telah dikembangan sistem pelayanan pengurusan surat yang dapat diakses secara mandiri dan diakses dimanapun oleh masyarakat Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.
Perangkat desa juga dapat memantau dan memvalidasi proses pengurusan surat tersebut dimanapun berada dan dapat diserahkan kepada masyarakat secara cepat. Berdasarkan hasil evaluasi diperoleh peningkatan tingkat kepuasan layanan publik di Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar disebabkan penggunaan sistem informasi pelayanan surat ini.
Downloads
References
Andria (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Surat Desa Menggunakan Data MySQL. Research: Journal of Computer, information system & technology management, 1(2), 12-16.
Fitri, T. A., Nasution, T., & Herwin (2015). Pengembangan Model Pelayanan Kantor Desa terhadap Masyarakat Berbasis Mobile Computing. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN), 1(2), 116-121.
Kurniati, R., Jaroji & Agustiawan (2018). Sistem Layanan Mandiri di Kantor Desa Berbasis Web. Jurnal Inovtek Polbeng, 3(1), 16-23.
MENPANRB, H. (2021, Januari 07). Empat Sasaran Strategis Wujudkan Transformasi Pelayanan Publik 2021. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/empat-sasaranstrategis-wujudkan-transformasi-pelayanan-publik-2021.
Mukhsin (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. TEKNOKOM, 3(1), 7-15.
Nursetiawan, I. (2020). Peningkatan Pelayanan Pemerintahan Desa Berbasis Smart Village. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 112-120.
Priyadi, D. A. & Lestari, E. W. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat pada Kantor Desa Tanjungsari Kutowinangun Kebumen Berbasis Desktop. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 4(2), 84-91.
Sibaroni, Y., Setiawan, E. B., Imrona, M., & Dzuhri, F. A. (2015). Aplikasi Pelayanan Administrasi Penduduk Desa Berbasis Web Programming. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Yogyakarta, H1 – H6.
Susilowati, M. & Chandra, D. (2018). Sistem Informasi Administrasi Desa di Kantor Desa Sumbersekar. KURAWAL: Jurnal Teknologi, Informasi, dan Industri, 1(1), 40-44.
Winarna, T.R., Aknuranda, I. & Saputra, M. C. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Surat Keterangan Studi Kasus: Pemerintah Desa Legundi Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12), 6235-6243.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.