Pengabdian Masyarakat Pelatihan dan Pendampimgan Pembuatan Bahan Ajar Digital Dengan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SD di Magetan

Authors

  • Nafiah Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Sri Hartatik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.781

Keywords:

Bahan Ajar, Flipbook, Pengmas

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk untuk memberikan pelatihan menyusun bahan ajar dengan aplikasi flipbook bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan, dan untuk memberikan pendampingan menyusun bahan ajar dengan aplikasi flipbook bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pada Guru SD di Magetan. Mitra pada pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Magetan, tempat mitra adalah di Tempat pengabdian masyarakat di Jalan Kemasan No.1 Magetan, Jawa Timur. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan secara Daring menggunakan aplikasi zoom. Tahapan dalam pelaksanaan metode ini terbagi dalam persiapan kegiatan PKM, implementasi kegiatan PKM dan pasca kegiatan PKM. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan pelatihan menyusun bahan ajar dengan aplikasi flipbook bagi Guru Sekolah Dasar di Magetan berjalan dengan sukses karena dukungan dari berbagai pihak yang terlibat dengan pengabdian masyarakat. Guru sangat antusias dalam kegiatan pelatihan dan pendampingan secara daring, guru juga sudah cara membuat bahan ajar dengan menggunakan aplikasi flipbook dengan sangat baik setelah kegiatan pelatihan dan pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diani, R., Hartati, N. S. and Email, C. A. (2018) ‘Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional’, Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional, 4(2), pp. 234–244. doi: 10.21831/jipi.v4i2.20819.

Rahmawati, D., Wahyuni, S. and Yushardi (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), pp. 326–332. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/6213.

Wibowo, E. and Pratiwi, D. D. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan’, Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), p. 147. doi: 10.24042/djm.v1i2.2279.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Nafiah, N., Ghufron, S. ., & Hartatik, S. . (2022). Pengabdian Masyarakat Pelatihan dan Pendampimgan Pembuatan Bahan Ajar Digital Dengan Aplikasi Flipbook Bagi Guru SD di Magetan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 92–100. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.781