Strategi Pengelolaan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di RSUD Mardi Waluyo Blitar

Authors

  • Herya Putra Dharma IIK STRADA Indonesia, Kediri, Indonesia
  • Ratna Wardan IIK STRADA Indonesia, Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.778

Keywords:

pengelolaan, strategi, sarana, prasarana

Abstract

Berkembangnya ragam dan kecanggihan peralatan rumah sakit maka hal ini merupakan tantangan sekaligus permasalahan di bidang pemeliharaan sarana dan prasarana rumah sakit yang dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi. Instalasi Pemeliharaan Sarana (IPS) RSUD Mardi Waluyo Blitar dalam pelaksanaannya memiliki tujuan umum yaitu tercapainya mutu pelayanan rumah sakit secara proporsional, peningkatan kinerja IPS dan peningkatan kinerja sarana, prasarana dan peralatan rumah sakit. IPS RS merupakan suatu instalasi yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap kinerja sarana dan prasarana. Tujuan pengabdian masyarakat yang dilakukan di RSUD Mardi Waluyo adalah untuk memberikan gambaran keseluruhan mengenai strategi pengelolaan pemeliharaan sarana dan prasarana, mengetahui variabel-variabel yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta untuk mengetahui strategi yang bisa diambil. Metode pelaksanaan dengan menggunakan fishbone, metode USG dan diagram layang SWOT untuk memprioritaskan strategi pengelolaan sarana dan prasarana dengan menggunakan sistem informasi complaint management di RSUD Mardi Waluyo Blitar. Hasil menunjukkan nilai rata-rata pemahaman mengenai system informasi complaint management sebelum diberikan sosialisasi sebesar 55,00% sedangkan setelah dilakukan sosialisasi menjadi 91,00%. Simpulan evaluasi dari pemanfaatan sistem informasi complaint management bisa berlangsung secara kontinyu dan dilakukan evaluasi pelaksanaannya secara berkala sehingga pelaksanaan pengelolaan sarana dan prasarana dapat dilakukan secara maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aggarwal, A., Aeran, H., & Rathee, M. (2019). Quality management in healthcare: The pivotal desideratum. Journal of Oral Biology and Craniofacial Research, 9(2), 180–182. https://doi.org/10.1016/j.jobcr.2018.06.006

Azrul Azwar. (2010). Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Yayasan Penerbit IDI.

BKKBN. (2018). Pusat Data dan Informasi. Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Dewi, I.N. (2012). Diagram Fishbone. Retrievedfrom https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Diagram_Fisbone.pdf

Djuari, L., (2021). Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press.

Ebeling, Charles E. (1997). An Introduction to Reliability And Maintainability Engineering. Singapore: Me GrawHill.

Fatimah, F.N.D. (2016).Teknik AnalisisSWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Firdaus, K. K., Wondabio, L. S., Arismen, Sulistiadi, W., Chalik, A., Karyono, K., Rohadin, R., Indriyani, D., Oktamianti, P., Pebrina, A., Hasan, S., Putra, A. H. P. K., Hukum, F., Diponegoro, U., Rsud, S., Temanggung, K., Aulia, D., Ayu, S. F., Nasution, N. H., Hasanuddin, K. X. I. V. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit. Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, 1689–1699. https://arxiv.org/pdf/1707.06526.pdf%0Ahttps://www.yrpri.org%0Ahttp://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000%0Ahttps://www.fordfoundation.org/%0Ahttp://bibliotecavirtual.clacso.org.ar/Republica_Dominicana/ccp/20120731051903/prep%0Ahttp://webpc.cia

Herlambang. (2016). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Hidayati, R., Istiqomah, N. (2020).Habituasi Dan Teknik Penulisan Laporan Aktualisasi Untuk CPNS Kementerian Perdagangan. Selman: Deepublish Kementerian PPN/Bappenas. (2021). Proyeksi COVID-19 di Indonesia. Retrieved from https://www.bappenas.go.id/files/8316/1476/4650/Proyeksi_Covid-19_di_Indonesia_BAPPENAS.pdf

Kementerian Kesehatan. (2016). GERMAS WUJUDKAN INDONESIA SEHAT. Klinik, S. (2020). Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan di Klinik Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Kurniasih, D., (2020).Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

LEN. (2020). Buletin LEN Menjaga Detak Ekonomi di Masa Pandemi. Bagian Komunikasi Korporasi PT Len Industri (Persero), 1–3. Retrieved from https://www.len.co.id/download/buletin/Bulen 31(Augustus 2020).pdf

Lina, M.,F. (2021). Optimizing Performance Of Students’ Group Presentation. Pasuruan: Qiara Media.

Mangundjaya, W.L.H. (2020). Pengembangan Organisasi: Diagnosis dan Intervensi. Surabaya: Jakad Media Publishing

Mujiburrahman. (2019). Technopreneurship Millennial. Banda Aceh: KITA Publisher.

Parakkasi, I. (2020). Pemasaran Syariah Era Digital. Bogor: Lin dan Bestari.

Riadi, M. (no date) Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaat SOP, 2016.

Suhada, A. et al. (2020) ‘Evaluasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga Dan Implementasi Kegiatan Tenaga Kesehatan Bersinergi Bersama Untuk Masyarakat Sehat’, Distribusi - Journal of Management and Business, 8(2), pp. 239–254. doi: 10.29303/distribusi.v8i2.135.

TimInovasi Kemenristek/BRIN. (2020).Katalog Inovasi Karya Peneliti dan Perekayasa Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 untuk Mengatasi Pandemi. Jakarta: Kemenristek/BRIN

Utari, E., Sultan, U. and Tirtayasa, A. (2020) ‘Analisis Matriks USG (Urgency, Seriousness and Growth) Banten Mangrove Center Bagi Masyarakat Kelurahan’, Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 15(2), pp. 31–42. Available at: https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/biodidaktika/article/ download/8720/5797

WHO. (2020). Clinical management of severe acute respiratory infection (SARI) when COVID-19 disease is suspected. Retrieved from https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/clinical-management- of-novel-cov.pdf

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Dharma, H. P. ., & Wardan, R. . (2022). Strategi Pengelolaan Pemeliharaan Sarana dan Prasarana di RSUD Mardi Waluyo Blitar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.778