Efektivitas Pemberian Materi Ecological Analysis Untuk Kebutuhan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.776Keywords:
ecological analysis, publikasi ilmiah, karya ilmiah, pandemic, tugas akhirAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak, salah satunya pada bidang pendidikan. Sesuai hasil survey Persakmi menyebutkan bahwa yang sedang menempuh semester akhir terdampak adanya pandemi. Ketersediaan data sekunder juga masih menjadi kendala, karena tidak semua data tersebut dapat diakses dengan mudah. Metode ecological analysis menjadi salah satu alternatif pilihan dengan berbagai keunggulan Penelitian ini menggunakan metode observasional, dengan pengambilan waktu cross-sectional. Untuk melihat efektivitas menggunakan perbandingan skor pengetahuan pre dan post dari peserta yang terlibat. Variabel yang diteliti adalah skor pengetahuan (yang dilihat dari skor total dari pertanyaan yang diberikan) dan kelompok skor (yang dilihat berdasarkan sebelum dan setelah pemberian materi). Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, didapatkan rata-rata skor pengetahuan peserta sebelum pemberian materi sebesar 55. Kemudian skor pengetahuan peserta setelah dilakukan pemberian materi sebesar 80. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian materi ecological analysis terhadap peningkatan skor pengetahuan peserta. Sedangkan untuk output publikasi karya ilmiah didapatkan dari semua peserta yang mendaftar telah memenuhi aspek publikasi ilmiah yang telah disyaratkan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, didapatkan rata-rata skor pengetahuan peserta sebelum pemberian materi sebesar 55. Kemudian skor pengetahuan peserta setelah dilakukan pemberian materi sebesar 80. Hasil uji statistik juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian materi ecological analysis terhadap peningkatan skor pengetahuan peserta. Sedangkan untuk output publikasi karya ilmiah didapatkan dari semua peserta yang mendaftar telah memenuhi aspek publikasi ilmiah yang telah disyaratkan. Perlu dilakukan pemberdayaan serupa dengan melibatkan peer educator maupun tenaga akademisi agar pelaksanaan penulisan karya ilmiah lebih efektif dan efisien.
Downloads
References
Abdi, A. P. (2020) Nasib Mahasiswa Tingkat Akhir Saat Pandemi Corona COVID-19. Available at: https://tirto.id/nasib-mahasiswa-tingkat-akhir-saat-pandemi-corona-covid-19- eMvn (Accessed: 27 February 2021).
Kusparlina, E. P. (2021) ‘Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan tentang Gizi Buruk dan Interprofessional Collaboration Petugas Puskesmas’, 2-Trik: Tunas-Tunas Riset Kesehatan, 11(2), p. 131. doi: 10.33846/2trik11214.
Levin, K. A. (2006) ‘Study design VI – ecological studies’, Evidence-Based Dentistry, 7(4), p. 108. doi: 10.1038/sj.ebd.6400454.
Megatsari, H. et al. (2020) ‘The community psychosocial burden during the COVID-19 pandemic in Indonesia’, Heliyon. Elsevier Ltd, 6(10), p. e05136. doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05136.
Persakmi (2020) Laporan Kegiatan Pelatihan Training Ecological Analysis. Surabaya.
Riyanto, S. and Nugrahanti, F. (2018) ‘Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika’, DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), p. 62. doi: 10.25273/doubleclick.v1i2.1590.
Salakory, J. A. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan, Sikap, Dan Praktik Kader Tentang Penyuluhan Pencegahan Hiv/Aids Di Puskesmas Hative Kecil’, Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal), 9(1), pp. 1–13. doi: 10.32695/jkt.v1i9.9.
Syah, R. H. (2020) ‘Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mursyidul Ibad, Dwi Handayani, Abdul Hakim Z. F., Herdiantri Sufriyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.