Membentuk Karakter Dan Peningkatan Nilai Organisasi Dengan Budaya Service Excellence Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1558Keywords:
budaya organisasi, onboarding, experiential learning, kerja tim, karyawan baruAbstract
Kegiatan Family eRSIy yang diselenggarakan dalam rangka Milad ke-50 RS Islam Surabaya A. Yani bertujuan untuk memperkuat budaya organisasi dan mempercepat proses onboarding karyawan baru melalui pendekatan edukatif dan partisipatif. Peserta terdiri dari karyawan baru dari berbagai unit kerja yang dikelompokkan secara acak dan mengikuti serangkaian lomba berbasis kompetisi, seperti quiz interaktif, puzzle, dan adu cepat menggunakan aplikasi Kahoot. Kegiatan ini dirancang untuk mendorong pemahaman terhadap visi, misi, dan nilai organisasi, meningkatkan komunikasi, serta membentuk kekompakan tim. Metode yang digunakan adalah pendekatan experiential learning yang menggabungkan pembelajaran langsung, permainan tim, dan interaksi antarunit. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan post test terhadap 10 indikator pemahaman organisasi. Hasil uji statistik paired sample t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan antara hasil pretest dan post test, yang mencerminkan keberhasilan kegiatan dalam menginternalisasi nilai-nilai inti organisasi kepada peserta.Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan onboarding nonformal berbasis pengalaman seperti Family eRSIy efektif dalam meningkatkan loyalitas, kerja sama tim, dan pemahaman budaya organisasi. Kegiatan ini dapat dijadikan model pembelajaran yang menyenangkan sekaligus strategis dalam membangun karyawan yang kolaboratif dan berorientasi pada nilai institusi.
Downloads
References
Agustini, N. A., & Purnaningsih, N. (2018). The Influence of Internal Communication in Building Organizational Culture. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(1), 89–108. file:///C:/Users/User/Downloads/25198-77276-1-PB.pdf
Akmal, A., Sugihartono, T., & Ilahi, B. R. (2018). Analisis Muatan Materi Senam Pada Bahan Ajar Pjok Sekolah Dasar Negeri Di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9181
Chanda, M. K., & Putra, E. V. (2021). Internalisasi Budaya Organisasi: Studi Budaya Organisasi Bawaslu Sumatera Barat. Jurnal Perspektif, 4(1), 39–53. http://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspektif/article/view/392
Damar, A., & Yasa, S. (2018). Pengaruh Stres Kerja dan Iklim Organisasi terhadap Intention to Leave dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali. JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.22225/jj.4.2.202.1-13
Damar, I., Yasa, P. N. S., & ... (2017). Pengaruh stres kerja dan iklim organisasi terhadap intention to leave dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi (studi pada Dinas Perindustrian dan …. Jurnal Ekonomi Dan …, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.22225/jj.4.2.202.1-13
Denizli, F., & Kınış, Z. (2025). The Effect of Ethical and Altruistic Leadership Behaviors on Job Performance and Turnover Intention: The Case of a Public Hospital. Uluslararası Yönetim Akademisi Dergisi, 7(4), 1123–1133. https://doi.org/10.33712/mana.1494464
Evariani. (2019). Internalisasi Budaya Organisasi Berdasarkan Organizational Culture Assesment Instrument Di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Adi Husada Nursing Journal, 2(1), 49–57.
Hendra Wahyudin. (2022). Budaya Organisasi. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal., 51–56.
Hernita, N., Merry Marianti, M., & Deti, R. (2024). Sebuah Tinjauan Literature Review: Intention To Leave. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(3), 419–442. https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i3.4795
Irenawati, O. (2020). Hubungan Kepuasan Kerja Karyawan (Perawat) terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Marinir Cilandak. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit, 4(1), 77–88.
Jessica, J., & Y. S. Suyasa, P. T. (2022). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Intensi Keluar Kerja (Studi Meta-Analisis). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 21–33. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.9990.2022
Kartika, L., & Rizky Seventia, I. (2020). Analisis Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan pada Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 11(2), 115–124. https://doi.org/10.29244/jmo.v11i2.30601
Nadatien, I., Izzati, U. A., Adriansyah, A. A., Budiarti, R. P. N., & Hasina, S. N. (2022). The Effect of Organizational Prideness as a Nurse on the Extra Role Organizational Citizenship Behavior of Nurses at NU Hospital (RSNU) in East Java. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(E), 1746–1750. https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.10830
Noor, N. K., & Trisyulianti, E. (2016). Model Internalisasi Budaya Organisasi di Institut Pertanian Bogor. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 2(1), 70. https://doi.org/10.29244/jmo.v2i1.14197
Pertiwi, N. M. M. S., & Prena, G. Das. (2024). Millennials and Z’s Intention to Leave: Leadership, Work Environment, Workload, Flexible Work, Job Satisfaction. Jurnal Aplikasi Manajemen, 22(2), 312–334. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2024.022.02.03
Rusliana, I. (2022). Menguatkan Budaya Organisasi Badan Pengawas Pemilihan Umum Sebagai Konsolidasi Internal Untuk Menghadapi Tantangan Pemilu 2024. Jurnal Keadilan Pemilu, 2(2), 10–20. https://doi.org/10.55108/jkp.v2i2.134
Setianto, B., Adriansyah, A. A., & Asih, A. Y. P. (2021). Hubungan Iklim Organisasi terhadap Intention to Leave Perawat di Rumah Sakit Islam Surabaya – A. Yani. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 9(2), 148–154. https://doi.org/10.14710/jmki.9.2.2021.148-154
Suhardi, G. T., & Ie, M. (2023). The role of transformational leadership styles, organizational citizenship behaviors, and work stress towards turnover intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(2), 183–192. https://doi.org/10.28932/jmm.v22i2.5433
Tanujaya, B. C., Tjahjo, J. D. W., & Indrayani, I. I. (2018). Internalisasi Budaya Organisasi Melalui Komunikasi dalam Organisasi Musik Cognatio Orkest. Jurnal E-Komunikasi, 5(2), 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8272
Tjiharjadi, S. (2017). Pentingnya posisi budaya dan efektivitas organisasi dalam kompetisi di masa depan. Jurnal Manajemen, 6(2), 1–10.
Triarso, Y. (2023). Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Perawat Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan, 15, 1–850.
Widayanti, A., Yuniar, I., & Putri, I. P. (2023). Pelatihan Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pelayanan Satu Pintu. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 432–441.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

