Pendampingan Penguatan UMKM Aneka Keripik Desa Tulusbesar Dengan Diversifikasi Produk, Kemasan Premium, dan Pemasaran Online Untuk Daya Saing
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1545Keywords:
Desa Tulusbesar, UMKM Aneka kripik, Diversifikasi Produk, Iptek, Pemasaran onlineAbstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor ekonomi terpenting yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja di desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang. Obyek pengabdian kepada masyarakat ini adalah UMKM Aneka keripik desa Tulusbesar. Permasalahan utama yang dihadapi UMKM Aneka keripik ini antara lain yaitu: (1) dari aspek bidang produksi terkait proses produksinya secara manual, belum ada penerapan IPTEK. (2) dari aspek bidang manajemen menyangkut masih menerapkan manajemen tradisional. (3) dari aspek manajemen pemasaran terkait dengan pengemasan yang sangat sederhana dan tanpa disertai merk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan metode partisipatif. Solusi yang diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan serta pemberian bantuan mesin otomatis dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai dengan kesepakatan dengan mitra dan ditunjang dengan implementasi dari hasil penelitian pengusul terkait pemasaran. Adapun beberapa solusi pemecahan masalah di mitra meliputi (1) memberikan pelatihan dan pendampingan cara melakukan inovasi produk dan diversifikasi produk yang dikembangkan dengan produk lainnya yang bervariasi sesuai selera konsumen, (2) memberikan bantuan mesin otomatis dan peralatan yang menunjang proses produksi, (3) pelatihan bidang manajemen usaha, (4) melatih cara mendesain beberapa model keemasan, pelabelan, dan merk untuk hasil produk yang akan dijual agar lebih menarik, dan (5) melatih pengembangan penjualan dan promosi yang efektif melalui pemasaran secara online melalui beberapa media sosial seperti Instagram dan Whatsapp. Hasil pengabdian pada masyarakat ini mampu membantu menyelesaikan permasalahan UMKM dan meningkatkan pendapatan serta daya saing. Sebaiknya diperkuat jejaring antar-UMKM dan perangkat desa untuk menjaga keberlanjutan program serta memperluas skala dampak pemberdayaan masyarakat.
Downloads
References
Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X).
Bringle, R. G., & Hatcher, J. A. (2002). Campus–community partnerships: The terms of engagement. Journal of Social Issues, 58(3), 503–516. https://doi.org/10.1111/1540-4560.00273
Djajanto, Ludfi, Afiatin, Y., & S. (2019). The Impact of Product Differentiation on Customer Satisfaction and Loyalty. Proceeding 3rd Asia International Multidiciplinary Conference (AIMC) 2019, 1-2 May, Johor Bahru, Malaysia.
Eko, Fauyhi, N. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717.
https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786.
Himawan, Asep, S., & Sugeng, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisa Deskriptif. Scientifi Journal Of Informatics, 1(1), 53–63.
Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1). https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3641
Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Statistik UMKM 2023. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM RI.
Khairil, H., & Dorris, Y. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai PeluangKaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. DINAMISIA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(special issue), 110–116.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
Mistaram. (2009). Revitalisasi dan Eksistensi Batik Malangan. Malang: Jurusan Seni dan Desain.
Ningsih, C. S. (2020). A Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3268.
Nugroho, B. S., & Hapsari, D. (2021). Strategi diversifikasi produk dalam peningkatan keberlanjutan usaha mikro makanan ringan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 145–159. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.145-159
Nugroho, F. E. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE STUDI KASUS TOKOKU. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2). https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786
Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku
manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas
Indonesia.
Prasetia, V., Supriyono, Arif Ainur Rafiq, S. D. R. (2019). Peningkatan Proses Produksi Pada UMKM Makanan Di Desa Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 25–34.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2020). Digital transformation in small and medium enterprises: Challenges and opportunities. Journal of Industrial Engineering and Management, 13(2), 338–355. https://doi.org/10.3926/jiem.3140
Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: A conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517. https://doi.org/10.1108/03090560710821279
Suharto, R. (2022). Tantangan UMKM makanan ringan di era digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(2), 145–156.
Titik, W., & Budi, P. L. (2017). IbM-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan di Desa Kembang Kabupaten Pacitan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(01), 20–25.
Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 18. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4
Tumbage, S. M. ., Tasik C.M, F., & Tumengkol, S. M. (2017). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Allude Kecamatan Kolongan Kabupaten Talaud. Acta Diurna, VI(2).
Wijaya, A. (2021). Diversifikasi produk dan keberlanjutan UMKM sektor makanan. Jurnal Manajemen Inovasi, 12(1), 55–66.
Wijayanti, T., & Lestari, P. B. (2017). IbM-PENDAMPINGAN USAHA KERUPUK RUMAHAN DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1280
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

