Pendampingan Penguatan UMKM Aneka Keripik Desa Tulusbesar Dengan Diversifikasi Produk, Kemasan Premium, dan Pemasaran Online Untuk Daya Saing

Authors

  • Ludfi Djajanto Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Diana Nurindrasari Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Rokhimatul Wakhidah Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Yulis Nurul ‘Aini Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Triesti Candrawati Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Andi Asdani Politeknik Negeri Malang, Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1545

Keywords:

Desa Tulusbesar, UMKM Aneka kripik, Diversifikasi Produk, Iptek, Pemasaran online

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor ekonomi terpenting yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja di  desa Tulusbesar, Kecamatan Tumpang. Obyek pengabdian kepada masyarakat ini adalah UMKM Aneka keripik desa Tulusbesar. Permasalahan utama yang dihadapi UMKM Aneka keripik ini antara lain yaitu: (1) dari aspek bidang produksi terkait proses produksinya secara manual, belum ada penerapan IPTEK. (2) dari aspek bidang manajemen menyangkut masih menerapkan manajemen tradisional. (3) dari aspek manajemen pemasaran terkait dengan pengemasan yang sangat sederhana dan tanpa disertai merk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendekatan metode partisipatif. Solusi yang diberikan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan serta pemberian bantuan mesin otomatis dan peralatan yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai dengan kesepakatan dengan mitra dan ditunjang dengan implementasi dari hasil penelitian pengusul terkait pemasaran. Adapun beberapa solusi pemecahan masalah di mitra meliputi (1) memberikan pelatihan dan pendampingan cara melakukan inovasi produk dan diversifikasi produk yang dikembangkan dengan produk lainnya yang bervariasi sesuai selera konsumen, (2) memberikan bantuan mesin otomatis dan peralatan yang menunjang proses produksi, (3) pelatihan bidang manajemen usaha, (4) melatih cara mendesain beberapa model keemasan, pelabelan, dan merk untuk hasil produk yang akan dijual agar lebih menarik, dan (5) melatih pengembangan penjualan dan promosi yang efektif melalui pemasaran secara online melalui beberapa media sosial seperti Instagram dan Whatsapp. Hasil pengabdian pada masyarakat ini mampu membantu menyelesaikan permasalahan UMKM dan meningkatkan pendapatan serta daya saing. Sebaiknya diperkuat jejaring antar-UMKM dan perangkat desa untuk menjaga keberlanjutan program serta memperluas skala dampak pemberdayaan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X).

Bringle, R. G., & Hatcher, J. A. (2002). Campus–community partnerships: The terms of engagement. Journal of Social Issues, 58(3), 503–516. https://doi.org/10.1111/1540-4560.00273

Djajanto, Ludfi, Afiatin, Y., & S. (2019). The Impact of Product Differentiation on Customer Satisfaction and Loyalty. Proceeding 3rd Asia International Multidiciplinary Conference (AIMC) 2019, 1-2 May, Johor Bahru, Malaysia.

Eko, Fauyhi, N. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717.

https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786.

Himawan, Asep, S., & Sugeng, S. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) Pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisa Deskriptif. Scientifi Journal Of Informatics, 1(1), 53–63.

Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1). https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3641

Kementerian Koperasi dan UKM. (2023). Statistik UMKM 2023. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Khairil, H., & Dorris, Y. (2019). Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai PeluangKaum Perempuan Menuju Industri Kreatif. DINAMISIA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(special issue), 110–116.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Mistaram. (2009). Revitalisasi dan Eksistensi Batik Malangan. Malang: Jurusan Seni dan Desain.

Ningsih, C. S. (2020). A Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3268.

Nugroho, B. S., & Hapsari, D. (2021). Strategi diversifikasi produk dalam peningkatan keberlanjutan usaha mikro makanan ringan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 23(2), 145–159. https://doi.org/10.9744/jmk.23.2.145-159

Nugroho, F. E. (2016). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE STUDI KASUS TOKOKU. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2). https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Poerwandari, E. K. (2005). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku

manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas

Indonesia.

Prasetia, V., Supriyono, Arif Ainur Rafiq, S. D. R. (2019). Peningkatan Proses Produksi Pada UMKM Makanan Di Desa Maos Lor, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(1), 25–34.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2020). Digital transformation in small and medium enterprises: Challenges and opportunities. Journal of Industrial Engineering and Management, 13(2), 338–355. https://doi.org/10.3926/jiem.3140

Silayoi, P., & Speece, M. (2007). The importance of packaging attributes: A conjoint analysis approach. European Journal of Marketing, 41(11/12), 1495–1517. https://doi.org/10.1108/03090560710821279

Suharto, R. (2022). Tantangan UMKM makanan ringan di era digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(2), 145–156.

Titik, W., & Budi, P. L. (2017). IbM-Pendampingan Usaha Kerupuk Rumahan di Desa Kembang Kabupaten Pacitan. Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 2(01), 20–25.

Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1), 18. https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4

Tumbage, S. M. ., Tasik C.M, F., & Tumengkol, S. M. (2017). Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Desa Allude Kecamatan Kolongan Kabupaten Talaud. Acta Diurna, VI(2).

Wijaya, A. (2021). Diversifikasi produk dan keberlanjutan UMKM sektor makanan. Jurnal Manajemen Inovasi, 12(1), 55–66.

Wijayanti, T., & Lestari, P. B. (2017). IbM-PENDAMPINGAN USAHA KERUPUK RUMAHAN DI DESA KEMBANG KABUPATEN PACITAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 2(1). https://doi.org/10.26905/abdimas.v2i1.1280

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Ludfi Djajanto, Diana Nurindrasari, Rokhimatul Wakhidah, Yulis Nurul ‘Aini, Triesti Candrawati, & Andi Asdani. (2025). Pendampingan Penguatan UMKM Aneka Keripik Desa Tulusbesar Dengan Diversifikasi Produk, Kemasan Premium, dan Pemasaran Online Untuk Daya Saing. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 59–70. https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1545