Penggunaan Multiplatform dalam Pembelajaran di SMA 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu

Authors

  • Aris Munandar Pendidikan Geografi, FISH UNJ, Indonesia
  • Muzani Pendidikan Geografi, FISH UNJ, Indonesia
  • Cahyadi Setiawan Pendidikan Geografi, FISH UNJ, Indonesia
  • Samadi Pendidikan Geografi, FISH UNJ, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1542

Keywords:

Platform, Workshop, pemebelajaran

Abstract

Guru dituntut menguasai  berbagai kompetensi, yaitu ketrampilan, sikap dan pengetahuan yang luas. Keterampilan yang sesauai dengan perkebangan teknologi dengan penguasaan IT. Kegiatan workshoop dilakukan dengan sasaran guru SMA 1 Jatibarang kabupaten Indramayu. Pelaksanaan   pada tanggal 22 Juli 2025. Metode yang dilakukan dengan ceramah, tanyajawab, praktek dan presentasi. Pretest di bagian awal untuk memetakan kemampuan awal peserta dalam penggunaan platform dalam pembelajaran.  Sebagian besar sudah menggunakan platform seperti kahoot, Quiziz, sebagain kecil mengunakan wordwall. Workshop dengan mempraktekan wordwall, magicschool dan Magich Light IA. Peserta sangat antusias mempraktekannya masing-masing platform. Kendala utama, peserta yang menggunakan HP yang memiliki keterbatasan tampilan, kendala kedua berkaitan dengan jaringan, kendala ketiga berkaitan dengan keterbatasan dalam durasi dan quota masing masing platform karena gratis/tidak berbayar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida Idris, 1983, Cara-cara Belajar yang Efisien, dalam Materi Dasar Program Bimbingan dan Konseling untuk Perguruan Tinggi; Psikologi Belajar, Proyek Normalisasi Kehidupan Kampus, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Amir Hamzah, Sulaeman, 1970, Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan, P.T. Gramedia, Jakarta.

Arsyad, Azhar, 2002, Media Pembelajaran, Rajafindo Persada, Jakarta.

Dakir Prof. Drs. H, 2004, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Penerbit Rineke Cipta, Jakarta

Dale, E., Audiovisual Method in Teaching (Third Edition), The Dryden Press, Holt, Renehart and Winson, Inc, New York.

Depdiknas,Dirjen Dikdasmen, 2004, Kurikulum 2004 SMA, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Geografi, Jakarta

Eko Tri. R, M.Pd, 2005, Efektifitas Metode Domgame dalam Pembelajaran Geografi, Jurnal SPATIAL edisi September 2006, Geografi FIS UNJ.

Estiningsih, E. 1995, Menyiasati Siswa agar Menguasai Fakta-fakta Dasar Operasi Hitung, PPPG Matematika, Jogyakarta.

Gulo,W. 2002, Strategi Belajar Mengajar, Grasindo, Jakarta

Knowless, J. Wareing, 1974, Economic and Social Geography, W.H. Allen, London.

------------KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Bumi Aksara, Jakarta

Maman Achdiat, dkk.,1980, Teori Belajar Mengajar dan Aplikasinya dalam Program Belajar Mengajar, Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Masnur Muslich, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Bumi Aksara, Jakarta

Oemar Hamalik, 1982, Media Pendidikan, Alumni, Bandung,

Omi Kartawidjaja, 1988, Metode Mengajar Geografi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan , Jakarta

Roestiyah, Dra., N.K., 2001, Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineke Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Aris Munandar, Muzani, Cahyadi Setiawan, & Samadi. (2025). Penggunaan Multiplatform dalam Pembelajaran di SMA 1 Jatibarang Kabupaten Indramayu. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 11–25. https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1542