Pelatihan Inovasi Pembelajaran Inklusif: Penggunaan View Scan, Auris, dan Mechano Receptor untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Siswa Tunanetra

Authors

  • Novi Darmayanti Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul’ Ulum, Indonesia
  • Mohamad Rizal Nur Irawan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul’ Ulum, Indonesia
  • Heny Ekawati Haryono Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul’ Ulum, Indonesia
  • Fitri Dwi Anggraeni Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul’ Ulum, Indonesia
  • Fanny Evanda Fachruddin Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul’ Ulum, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1541

Keywords:

tunanetra; pembelajaran inklusif; media multisensorik; fungsi kognitif; teknologi pendidikan

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran inovatif bagi siswa tunanetra, yang sering kali hanya mengandalkan media satu dimensi seperti audio atau braille. Tujuan kegiatan adalah mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran multisensorik berbasis View Scan, Auris, dan Mechano Receptor untuk meningkatkan fungsi kognitif siswa tunanetra di SLB Negeri Lamongan. Unsur keterbaruan kegiatan ini terletak pada integrasi teknologi visual, auditori, dan taktil dalam satu sistem pembelajaran terstruktur, yang secara signifikan meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas belajar. Metode yang digunakan adalah evaluasi program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) analisis deskriptif. Subjek kegiatan adalah siswa tunanetra SLB Negeri Lamongan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur, tes kognitif , serta dokumentasi. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan  untuk mengukur pengaruh evaluasi program pkm terhadap peningkatan kognitif. Hasil menunjukkan siswa merespons positif pembelajaran berbasis View Scan, Auris, dan Mechano Receptor. View Scan membantu identifikasi objek secara taktil dan auditori, Auris meningkatkan pemahaman verbal melalui media audio dan musik tradisional, sementara Mechano Receptor memperkuat persepsi spasial melalui stimulus getaran. Partisipasi, konsentrasi, dan daya ingat siswa meningkat signifikan, dengan capaian efektivitas mencapai 81,01%. Integrasi media ini membuat proses pembelajaran lebih interaktif, inklusif, dan adaptif terhadap karakteristik sensorik siswa tunanetra. Kesimpulannya, PkM ini berhasil meningkatkan fungsi kognitif siswa tunanetra melalui pendekatan pembelajaran multisensorik. Rekomendasi yang diajukan adalah perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam mengembangkan media inovatif, agar kualitas pembelajaran inklusif di SLB terus meningkat dan mampu membentuk peserta didik yang mandiri, kreatif, dan berdaya saing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baktara, D. I., & Setyawan, W. (2020). Fasilitas Pendidikan Bagi Anak Tunanetra dengan Pendekatan Indera. JURNAL SAINS DAN SENI ITS.

Chit, S. M., Yap, K. M., & Ahmad, A. (2024). Multi-sensory learning framework for visually impaired learners: Use of 3D, haptic, audio, olfactory media. Multimedia Tools and Applications, 83(34), 81711–81723. https://doi.org/10.1007/s11042-024-18249-1

Inayah, Y., & Prasetyo, T. (2025). Meningkatkan Kualitas Belajar Melalui Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Yang Berkebutuhan Khusus. Mudir (Jurnal Manajemen Pendidikan). https://doi.org/10.55352/mudir

Kurniawan, I. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BAGI SISWA TUNANETRA DI SEKOLAH DASAR INKLUSI. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam.

Nuraini, N. (2022). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 2(6), 304–320.

Ramadhan, F., & Ita Rusmala Dewi. (2025). Optimisasi Teknologi Sensor Pada Alat Bantu Tunanetra Berbasis Arduino Uno. Infotech Journal, 11(1), 54–60. https://doi.org/10.31949/infotech.v11i1.12962

Remache-Vinueza, B., Trujillo-León, A., Zapata, M., Sarmiento-Ortiz, F., & Vidal-Verdú, F. (2021). Audio-Tactile Rendering: A Review on Technology and Methods to Convey Musical Information through the Sense of Touch. Sensors, 21(19), 6575. https://doi.org/10.3390/s21196575

Salsabiela, N. K. A. T., Suhartono, & Negara, N. L. G. A. M. (2025). Rancang Bangun Tongkat Tunanetra Berbasis Internet of Things Dilengkapi Headset. Medika Teknika : Jurnal Teknik Elektromedik Indonesia, 6(2), 139–147. https://doi.org/10.18196/mt.v6i2.23860

Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

Suleiman, A. I., Shaame, A. A., & Juma, S. K. (2024). Exploring The Impact of Assistive Technology on Academic Achievement for Visually Impaired Students in Zanzibar’s Primary Schools. Journal of Advances in Education and Philosophy, 8(11), 689–702. https://doi.org/10.36348/jaep.2024.v08i11.006

Thoyibah, P. N., & Harsiwi, N. E. (2024). Metode Pelayanan Pendidikan Bagi Anak TunanetraDi SLBNegeri Keleyan. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa.

Una, L. M. W., Beku, V. Y., Soro, V. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 148–158. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2133

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Novi Darmayanti, Mohamad Rizal Nur Irawan, Heny Ekawati Haryono, Fitri Dwi Anggraeni, & Fanny Evanda Fachruddin. (2025). Pelatihan Inovasi Pembelajaran Inklusif: Penggunaan View Scan, Auris, dan Mechano Receptor untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Siswa Tunanetra . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1541