Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Literasi dan Numerasi pada Proses Transisi PAUD SD yang Menyenangkan
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1430Keywords:
literasi; numerasi; transisi; PAUD; Sekolah dasar.Abstract
Proses transisi PAUD ke SD yang selama ini terjadi belum mencerminkan kegiatan yang menyenangkan bagi siswa. Salah satunya dalam penyelengaraan literasi dan numerasi. Oleh karena itu transisi proses pembelajaran dan kegiatan yang menyenangkan di PAUD ke SD harus dapat difasilitasi dengan baik salah satunya melalui kegiatan bimbingan teknis kepada guru sekolah dasar. Sehingga dihasilkan pemahaman terkait dengan apa saja yang perlu dilakukan oleh guru dalam penyelengaraan literasi dan numerasi dimasa transisi PAUD ke SD. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Metode kegiatan meliputi analisis permasalahan mitra, perencanaan kegiatan dan pelaksanaan kegiatan yang meliputi ceramah, diskusi, tanya jawab dan Brainstorming. Diakhir kegiatan dilakukan evaluasi dengan memberikan angket kepada peserta kegiatan dengan jumlah responden 19 orang. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kepuasan siswa terkait dengan kegiatan yang telah dilaksanakan. Hal ini tampak dari persentase pemahaman peserta sebanyak 24,50% menunjukkan tingkat pemahaman yang sangat paham, 49,63% peserta menyatakan pahaman dan sisanya 25,87% menyatakan cukup paham. Begitu pula dengan tingkat kepuasan peserta didapat data sebanyak 38,40% peserta menyatakan sangat puas, 49,63% menyetakan memuaskan, dan 11,97% menyatakan cukup memuaskan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan memberikan pamahaman dan kepuasan kepada peserta khsususnya guru PAUD dan guru SD dalam penyelenggaraan literasi dan numerasi khususnya pada masa transisi PAUD-SD diawal sekolah dasar.
Downloads
References
Ariyanto, A., Ayu Andika, K., Ismail Laini, L., Septin Nugrahani, N., & Nurtanti Vita Dewi, D. (2023). Peran Guru Dalam Pembelajaran Literasi di Masa Transisi PAUD-SD. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 10(2), 55–65. https://pmb.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/2903
Dewi, S. Z., & Ibrahim, T. (2019). Pentingnya Pemahaman Konsep Untuk Mengatasi Miskonsepsi Dalam Materi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 130–136. http://dx.doi.org/10.52434/jpu.v17i1.2 553
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Hayati, M., Lestari, M. D. W., & Rahayuni, C. (2019). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.51529/ijiece.v4i2.138
Idrus L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935.
Malelak, D. P., & Gea, M. A. (2023). Peran Keluarga Bagi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini 0-8 Tahun. 1(2), 89–98.
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Nurani, Y. (2020). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Indeks.
Nurcahyono, N. A., Kunci, K., Literasi, K., Numerasi, K., & Pembelajaran, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika. Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 2988–7763. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
Nurhalim, A. D., & Puspita, S. (2021). Pentingnya Analisis Kebutuhan Pelatihan Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(2a), 104–110. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2a.202
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1302
Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.
Suryani, L., Handayani, D. H., Yuliana, N., Susanti, A., Utami, R., Naif, M. M., Fatchurrohmah, L. M., Purwanti, E., Tanjung, D. P., & Nureda. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran yang Bermakna melalui Bermain bagi Anak Usia Dini di Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. 4(2), 1614–1624.
Susilahati, Nurmalia, L., Ardia, V., Noval, A., & Aisyawa, S. (2023). Bimbingan teknis pembelajaran literasi dan numerasi transisi PAUD-SD. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, 1–9. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.