Upaya Peningkatan Literasi Numerasi Siswa-Siswi MI dan MTs Melalui Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Desa Cempaka Pasongsongan Sumenep

Authors

  • Siti Khotijah Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Luluk Sarifah Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Prasanti Mia Purnama Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia
  • Wildayatus Shofiyah Universitas Annuqayah, Sumenep, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1412

Keywords:

Literasi numerasi; Tanaman Obat Keluarga; Pengabdian masyarakat; Desa Cempaka; Kecamatan Pasongsongan; Kabupaten Sumenep

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan menerapkan konsep angka dan keterampilan menghitung dalam kehidupan sehari-hari. Kondisi literasi numerasi siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Desa Cempaka, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, masih perlu ditingkatkan. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi numerasi siswa melalui kegiatan penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA), yang melibatkan siswa-siswi MI dan MTs serta ibu-ibu PKK Desa Cempaka. Kegiatan dilaksanakan pada 08 September 2024, dengan metode seminar, praktik penanaman, pengamatan pertumbuhan tanaman, dan diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan numerasi siswa, terutama dalam pengukuran dan penghitungan sederhana yang diterapkan selama penanaman. Selain itu, kemampuan literasi juga meningkat melalui pencatatan hasil pengamatan dan diskusi kelompok. Keterlibatan ibu-ibu PKK menambah dimensi pemberdayaan komunitas, memperkuat kolaborasi antar generasi. Pendekatan pembelajaran berbasis praktik yang menggabungkan literasi, numerasi, dan kegiatan penanaman TOGA berhasil memberikan dampak positif pada peningkatan keterampilan siswa dan memperkuat keterlibatan komunitas lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Khakima, L. N., Marlina, L., & Zahra, S. F. A. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol.1, pp. 775-792). https://proceeding.uin+gusdur.ac.id/index.php/semai/article/ view/430

Lince, L. (2022). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49). https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Maulana, F., & Aziz, J. A. (2022). Urgensi Penanaman literasi lingkungan pada anak usia dini. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 1-12. https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.690

Napfiah, S., Yazidah, N. I., & Pebrianti, C. (2023). Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 20-25. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2474

Ningtias, Y. D. A., & Astuti, E. (2023). Peningkatan Literasi Numerasi Kelas 5 SDN Taji Dalam Kegiatan Penanaman Toga. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 2, No. 2, pp. 768-777). http://prosiding.unipma.ac.id/ index.php/SENASSDRA/article/view/4498%0A

Nurcahyono, A. N. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. HEXAGON: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1 (1), 19-29. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924.

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA, 6(1), 38-47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Saputri, R., Riswanto, R., & Kurniawati, J. (2024). Peningkatan literasi dan numerasi dengan pendekatan interaktif dan komunikatif melalui program kampus mengajar di SD Negeri 15 Kota Bengkulu. Penamas: Journal of Community Service, 4(1), 195-208. https://doi.org/10.53088/penamas.v4i1.935

Sari, N., & Andjasmara, T. C. (2023). Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat. Jurnal Bina Desa, 5(1), 124-128. https://doi.org/10.15294/jbd.v5i1.41484

Sarnoto, A. Z. (2023). Pelatihan Literasi Numerasi Kelas Awal di Jakarta Selatan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 7-13. https://doi.org/10.59561/ sabajaya.v1i3.34

Sylvia, T., Pasaribu, T. D., Andika, M. B., Harahap, M. R., Giffary, M. S. A., Alfarisi, S., ... & Safitri, R. D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Edukasi Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga) Di Desa Purwodadi, Kecamatan Way Sulan, Kabupaten Lampung Selatan. Tribute: Journal Of Community Services, 4(1), 64-70. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i1.27687

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Siti Khotijah, Luluk Sarifah, Prasanti Mia Purnama, & Wildayatus Shofiyah. (2024). Upaya Peningkatan Literasi Numerasi Siswa-Siswi MI dan MTs Melalui Penanaman Tanaman Obat Keluarga di Desa Cempaka Pasongsongan Sumenep. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(2), 358–3367. https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1412