Edukasi Pemanfaatan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Efektif dan Inovatif kepada Guru di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1388Keywords:
media pembelajaran; Google Sites; pendidikan digital; inovasi pengajaran; pelatihan guruAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo dalam memanfaatkan Google Sites sebagai media pembelajaran yang efektif dan inovatif. Latar belakang kegiatan ini adalah rendahnya pemanfaatan teknologi di sekolah tersebut, yang menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan kurang menarik bagi siswa. Evaluasi dari Dinas Pendidikan setempat menunjukkan bahwa kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif menjadi salah satu penyebab rendahnya kualitas pembelajaran di sekolah. Untuk menjawab tantangan ini, pelatihan ini dirancang untuk membantu guru mengembangkan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sesuai dengan tuntutan era digital dan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan mencakup sosialisasi, pelatihan, serta pendampingan dalam praktik pengembangan situs menggunakan Google Sites. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan. Hasil pelatihan ini juga menghasilkan beberapa situs pembelajaran yang dapat diakses dan digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Kegiatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan pembelajaran di era digital, serta dapat direplikasi di sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Downloads
References
Auliana, N., Prihatiningtyas, S., & Wulandari, K. (2023). Inovasi media pembelajaran berbasis Google Sites dengan pendekatan Problem Based Learning pada materi momentum & impuls. Proceedings of Life and Applied Sciences.
Ermawati, E. A., Hardiyanti, S. A., Yustita, A. D., & Rusadi, T. M. (2022). Pengembangan kompetensi profesional guru menggunakan metode workshop untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SDN 3 Aliyan. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 335–341.
Kantun, S., & Herlindawati, D. (2021). Merancang RPP inovatif dalam program Merdeka Belajar pada MGMP IPS SMP Se-Kabupaten Jember. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(2), 137–146.
Nurdyansyah, & Riananda, L. (2016). Developing ICT-based learning model to improve learning outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. In Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology (Vol. 1, No. 2, pp. 929–930).
Octasyavira, M., & Nurlizawati, N. (2022). Kesulitan guru dalam merancang media inovatif digital untuk pembelajaran sosiologi. Naradidik: Journal of Education & Pedagogy, 1(4), 437–445.
Rahayu, W. P., Suwandi, H., & Wulandari, A. (2023). Peningkatan kemampuan membuat media pembelajaran dengan bantuan website Genially pada guru-guru SMK Islam Batu. Portal Riset dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (PRIMA), 2(3), 270–277.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya peningkatan pendidikan berkualitas di Indonesia: Analisis pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal TEKPEN, 6(4), 7096–7106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.