Pengembangan UMKM dan Jamu Tradisional di Desa Dawuhan Kabupaten Kediri sebagai Kunci Pembangunan Ekonomi Menuju Desa Mandiri dan Berkelanjutan
Keywords:
Pengembangan UMKM; Jamu Tradisional;Desa Dawuhan;Pembangunan Ekonomi; Desa Mandiri dan BerkelanjutanAbstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam hubungannya dengan pengobatan herbal tradisional di Desa Dawuhan, Kabupaten Kediri, dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan keberlanjutan. Praktik pengobatan tradisional, komplementer, dan alternatif (TCAM), yang mencakup penggunaan produk herbal, lazim secara global, dengan tingkat penggunaan yang dilaporkan antara 24% dan 71,3% di berbagai populasi, menunjukkan potensi pasar yang kuat untuk obat herbal. Di daerah seperti Nepal, pengelolaan tanaman obat yang berkelanjutan sangat penting, karena sumber daya ini merupakan bagian integral dari mata pencaharian dan perawatan kesehatan lokal. Selain itu, pengetahuan tradisional yang kaya seputar pengobatan herbal, seperti yang terlihat di antara orang-orang Shui di Tiongkok, menyoroti pentingnya melestarikan dan mempromosikan praktik pengobatan lokal untuk keberlanjutan ekonomi dan budaya. Membangun sistem pendaftaran terstruktur untuk obat-obatan herbal, seperti yang ditunjukkan di Bahrain, dapat meningkatkan kepercayaan peraturan dan akses pasar, sehingga mendukung pertumbuhan UMKM di sektor ini. Secara sinergis, berbagai elemen yang telah diuraikan dapat menciptakan fondasi ekonomi mandiri dan berkelanjutan bagi Desa Dawuhan. Pengembangan jaringan distribusi yang efektif untuk produk herbal akan memperkuat posisi UMKM di pasar yang lebih luas. Melalui pemanfaatan teknologi digital dan e-commerce, pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen yang lebih beragam, sejalan dengan tren global yang semakin mengapresiasi pengobatan tradisional. Integrasi antara warisan budaya lokal dan inovasi pemasaran modern berpotensi menciptakan sinergi yang kuat, mendorong pertumbuhan sektor UMKM secara berkelanjutan. Kolaborasi multistakeholder menjadi kunci untuk mengoptimalkan potensi ini, memastikan produk lokal mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Dukungan berupa pelatihan dan pendampingan bagi UMKM akan semakin memperkuat daya saing mereka, memungkinkan produk lokal menembus pasar nasional bahkan internasional
Downloads
References
Adisa, V. (2024). Ensiklopedia Jamu Di Indonesia. Penerbit Andi.
Agus Salihin. (2021, Maret 1). Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa Pejanggik | Salihin | Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/2925/2483
Anwar, Suhadarliyah, Mariana, Rahmawati, C. H. T., Amelia, D., Fariantin, E., Murjana, I. M., Faisol, Sushardi, Gunawan, C., Sihombing, L., Mu’ah, Norvadewi, Fauzi, A. K., & Nuryati. (2023). Kewirausahaan Berbasis UMKM. https://doi.org/10.31237/osf.io/mpc3t
Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. 6, 233–247.
Bangsawan, G. (2023). Kebijakan Akselerasi Transformasi Digital di Indonesia: Peluang dan Tantangan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif. Jurnal Studi Kebijakan Publik, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21787/jskp.2.2023.27-40
Dhamayantie, E., & Fauzan, R. (2017). PENGUATAN KARAKTERISTIK DAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA UMKM. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2017.v11.i01.p07
Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). PENGUATAN UMKM MELALUI PELATIHAN BLOG. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.223
Firda, Z., Tamaja, P. M. P., Agustin, N. I., Saputro, Y., & Sumartik, S. (2022). Implementasi Inovasi Branding Batik Celup Dan Jamu Sebagai Produk Unggulan Umkm Desa Kenongo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1), 252–258. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.326
Garuda—Garba Rujukan Digital. (t.t.). Diambil 18 September 2024, dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1657581
Jannah, E. M., & Tukiman. (2024). PENGEMBANGAN UMKM JAMU TAPE LAOS SEBAGAI IKON DESA REJOSO KABUPATEN NGANJUK. PROFICIO, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3811
Laksono, V. D., Irhamma, C. A., Fadhila, F. N., Anggraini, R. I., Taufikurrahman, M. P., & Ira Wikartika, S. M. (2022). Penguatan Pemasaran Produk UMKM Desa Sumberbendo Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo Melalui Strategi Branding. Karya Unggul, 1(2), Article 2.
Oktarina, N., Widodo, J., & Fachrurrozie, F. (2019). Penguatan umkm Melalui Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Jangkauan Pemasaran di Kecamatan Toroh purwodadi. Jurnal Abdimas, 23(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.17952
Prabawa, H. W., & Fitriani, A. D. (2020). Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional melalui Perubahan Desain Pengemasan dan Pemasaran. DEDIKASI: Community Service Reports, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i1.35848
Prameswari, N. P. K. D., & Samsudin, A. (2023). Pengembangan UMKM Melalui Inovasi Serbuk Jamu Tradisional Di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.62007/jouipi.v1i3.45
Puspitasari, W., Setiawan, I. N., Widiastuti, T., Fitriani, L. N., & Bulqis, T. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN PRODUK KEMASAN UMKM PRODUK JAMU HOMEMADE DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DAGANG DI ERA GLOBALISASI DAN PANDEMI. JURNAL PENGABDIAN MANDIRI, 1(5), Article 5.
Ramadhani, M. F., Billah, M., Suarga, A. P., Purba, P. E., Sasangka, D. T., & Ardhana, S. (2023). Pendampingan Penguatan Branding UMKM Jamu “Mak Diah” Di Desa Ngrimbi Sebagai Bentuk Peningkatan Strategi Ekspansi Pasar. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1667
Saputro, H., Fitriana, L., Bugis, H., Ranto, R., & Muslim, R. (2023). Perbaikan Proses dan Alat Produksi Jamu Coro Minuman Khas Demak pada UMKM SITU JAMU di Desa Berahan Kulon, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 12(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/semar.v12i2.67605
Sedyastuti, K. (2018). Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65
Solehah, R., Destiarni, R. P., & Muti’ah, D. (2022). BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY IN MEDICINE TRADITIONAL SMEs IN MADURA THROUGH SWOT ANALYSIS APPROACH (Case Study: Traditional Herbal Medicine Madura UMKM in Pamekasan Regency). Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/81159023/pdf-libre.pdf?1645445736=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DSTRATEGI_PENGEMBANGAN_BISNIS_UMKM_JAMU_T.pdf&Expires=1726433029&Signature=UJ8LJxl6etB8hOCZR8WA8RQRQbedgAHkRpOpmUXyO2XU7ecMWGbk3VJguDhIvKFm7S-CpnUpeUheQcTut3SWlbnw1kbN0mEE7utl02CUR~QHYqm2L~SpXGBB31P~nc8ShI9dNrBT0HKxxWCY6YR15l16Sbvq2TkHY24wz1nPIkxK52H7FtvB8bUW0TCyIpQfN-kGsDnzKbEMluwiLnohuoULuVD1zKSbj4cHXimeQMGAWe3U3YjE3BqYHiz3fnJYstXSKjxU9pnOkQKpHOP4slNDohA6DXGVBmBgMPC9qtMbbzMnjqsWGInHL07oBmSlmYUmYPhlUWpw3ge6H5~JfQ__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
Sulistiyowati, E. L., Melinda, N. A., Fistalia, D. I. A. A., & Octavia, D. R. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN TOGA MENJADI JAMU MILENIAL. JCES (Journal of Character Education Society), 5(4), 121–131.
The Journal of Universitas Negeri Surabaya. (t.t.). Diambil 18 September 2024, dari https://ejournal.unesa.ac.id
Ummah, M. S., & Lisdiana, N. (2021). Pengembangan UMKM Jamu Tradisional di Desa Sumberagung Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali. SENYUM BOYOLALI, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36596/sb.v2i2.615
View of KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA SERBUK JAMU DAUN BELUNTAS (Pluchea indica L.). (t.t.). Diambil 18 September 2024, dari https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/AGROMIX/article/view/1459/1217
Wahyuni, W., & Wijayanti, T. (2024). INOVASI SERBUK INSTAN DAN PENGUATAN BRANDING PRODUK JAMU UMKM JAMU LARASATI. Abdikes Sunan Giri, 1(1), Article 1.
Yani, K. F., Ningsih, S., Rina, T. S., & Syahfitri, J. (2022). PENGOLAHAN SAYURAN MENJADI NUGET, MINUMAN JAMU KUNYIT ASAM, MEMBUAT LABEL DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT BENGKULU TENGAH (1). 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2470
Yustini, R. S., Mujanah, S., Urohman, T., & Jihad, A. (2024). Pendampingan Manajemen Dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Untuk UMKM Jamu Tradisional Di Desa Banyuurip Kedamaian Gresik. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(2), 623–632. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.996
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.