Pelatihan Penanganan Awal Cedera Melalui Media PRICE Card dan PRICE Set Pada Siswa Di MTsN 3 Sleman, Yogyakarta

Authors

  • Khairul Imam Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Untung Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia
  • Husna Arwa Salsabil Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia
  • Marselina Labai Lajau Universitas Respati Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1237

Keywords:

Cedera, PRICE, Siswa

Abstract

Kejadian cedera adalah bagian dari risiko yang muncul akibat adanya aktivitas fisik. Penyebab terjadinya cedera dapat berasal dari internal maupun eksternal. Cedera pada siswa sekolah tergolong cukup tinggi. Beberapa aktivitas yang berpotensi terjadi cedera antara lain olahraga, bersepeda, lari, bermain, dan lain sebagainya. Ketika cedera tidak mendapat penanganan yang baik dan tepat, dapat menyebabkan terhambatnya aktivitas hidup sehari-hari akibat terjadinya keterbatasan fisik. Metode PRICE sebagai salah satu metode penanganan awal cedera. PRICE Set dan PRICE Card merupakan sebuah produk yang dapat menjadi panduan cepat pelaksanaan metode PRICE bagi pemula dan orang awam. PRICE card berisi panduan singkat yang mudah dipahami bagi orang awam untuk melaksanakan tindakan segera saat terjadi cedera guna meminimalkan efek yang lebih berat akibat cedera tersebut. Hasil evaluasi dengan metode pretest dan posttest dari kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan siswa-siswi setelah mengikuti pelatihan penanganan awal cedera dengan media PRICE Set dan PRICE Card sebanyak 27,2 poin atau 46,1% (p-value: 0,000). Sebanyak 29 siswa-siswi terlibat sebagai peserta pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi serta dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menangani cedera awal sehingga meminimalkan risiko yang mungkin muncul dari kejadian cedera tersebut. Selain itu diharapkan para peserta dapat menerapkannya pada orang sekitar maupun pada diri sendiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arinda, E. N. (2014). Analisis Cedera Olahraga dan Pertolongan Pertama Pemain Sepak Bola. Jurnal Kesehatan Olahraga, 2(3), 179–188.

Fatchiya, A., Sulistyawati, A., Setiawan, B., & Damanik, R. (2021). Peran penyuluhan keluarga berencana dalam meningkatkan pengetahuan KB pada pasangan usia subur (PUS) kelompok masyarakat miskin. Jurnal Penyuluhan, 17(1), 60-71.

Manik, J. W. H., Bisa, M., & Rahmansyah, B. (2021). Pencegahan Dan Penanganan Cedera Olahraga Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Cawang. Jurnal Fisioterapi Dan Rehabilitasi, 5(1), 69-75.

Nasri, N., & Leni, A. S. M. (2021). Pengetahuan Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menegah Atas Sederajat Kota Surakarta Tentang Pencegahan, Perawatan, Dan Pertolongan Pertama Cedera Olahraga. Jurnal MensSana, 6(1), 1-11.

Nurbaya, N., Saeni, R. H., & Irwan, Z. (2022). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan kader posyandu melalui kegiatan edukasi dan simulasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 678-686.

Sulaeman, R. N., Lestari, R. D., Dramawan, A., & Purnamawati, D. (2022). Pengaruh Metode Simulasi terhadap Keterampilan Pelaksanaan Kegiatan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 733-740.

Suprapto, S., & Arda, D. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kesehatan Komunitas, 1(2), 77-87.

Widiastuti, N. K. P., & Adiputra, I. M. S. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Siswa tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 11(1), 23-31.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Imam, K., Untung, M., Salsabil, H. A., & Lajau, M. L. (2023). Pelatihan Penanganan Awal Cedera Melalui Media PRICE Card dan PRICE Set Pada Siswa Di MTsN 3 Sleman, Yogyakarta . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 108–114. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1237