Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan E-LKPD Berbasis Digital dengan Aplikasi Jotform bagi Guru SD di Magetan

Authors

  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Pance Mariati Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

pelatihan; pendampingan, E-LKPD, JotForm; guru SD Magetan

Abstract

Permasalahan pembelajaran yang ditemukan di Kabupaten Magetan sebagai mitra program pengabdian ini di antaranya adalah (1) guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran dan (2) guru belum mampu menggunakan media e-learning. Solusi terbaik dari permasalahan utama tersebut adalah program pelatihan dan pendampingan pembuatan E-LKPD berbasis digital dengan aplikasi Jotform. Tujuan umum program ini adalah meningkatkan kemampuan literasi digital guru SD di Magetan. Adapun tujuan khususnya adalah (1) untuk memberikan pelatihan membuat E-LKPD dengan aplikasi JotForm dan (2) untuk memberikan pendampingan pembuatan E-LKPD dengan aplikasi JotForm. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara daring dengan aplikasi zoom meeting tanggal 28 September sampai 2 Oktober 2021. Sebelum berlangsung pelatihan kepada peserta diberikan pretest dengan hasil persentase kompetensi rata-rata sebesar 38%. Setelah pelatihan dan pendampingan diberikan posttest dengan hasil persentase kompetensi rata-rata sebesar 58%. Hasil uji statistik dengan SPSS versi 26 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kompetensi peserta sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan. Hasil t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000 < 0,005. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dan pendampingan ini sangatlah berhasil dan mampu meningkatkan kemampuan literasi digital para peserta pelatihan.

References

Afriansyah, E. A., Madio, S. S., Sumartini, T. S., Mardiani, D., & Nurulhaq, C. (2020). Pelatihan Aplikasi Jotform untuk Pembuatan Form Kuesioner dan Presensi. 3, 26–32.

Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasari, N., Luritawaty, I. P., Sundayana, R., Maryati, I., Noordyana, M. A., & Basuki. (2020). Pelatihan Media E-learning Edmodo Untuk Optimalisasi Pembelajaran. Ejournals.Institutpendidikan.Ac.Id, 3(2), 33–39. http://bit.ly/LEEdmodo

Afriansyah, E. A., Sofyan, D., Puspitasasri, N., Lurytawati, I. P., Sundayana, R., Maryati, I., Noordyan, M. A., & Basuki, B. (2020). Edmodo E-learning Media Training for Learning Optimization. Journal Pekemas, 3(2), 33–39.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Arief, M. F. M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Pembelajaran Mekanika Teknik dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Astini, N. K. S. (2019). Pentingnya literasi teknologi informasi dan komunikasi bagi guru sekolah dasar untuk menyiapkan generasi milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(1).

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.

Azzizah, Y. (2015). Socio-Economic Factors on Indonesia Education Disparity. International Education Studies, 8(12), 218–229.

Barniol, P., & Zavala, G. (2016). A tutorial worksheet to help students develop the ability to interpret the dot product as a projection. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(9), 2387–2398.

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 3(2), 146–153.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fuadah, A. N. (2019). Strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis siswa MIN 7 Magetan dan SDN Madigondo di Kabupaten Magetan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Imawanty, I., & Fransiska, A. B. (2019). Optimalisasi Asesmen dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling dengan Memanfaatkan Aplikasi Formulir Daring Jotform. Konvensi Nasional Bimbingan Dan Konseling XXI, 129–135.

Jemmi, A. (2014). pengembangan Lembar Kerja Siswa Mata pelajaran matematika materi bentuk aljabar dengan pendekatan kontekstual untuk siswa smp kelas VII. Jurnal PP Volum, 1.

Kunto, S. A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61–76.

Low Cost Private Schools A Case Study in Jakarta, (2016). https://docs.wixstatic.com/ugd/c95e5d_8f8d94c067174a9fa89b6152dbdd65ed.pdf

Maryanto, H., Suyanto, M., & Al Fatta, H. (2017). Penerapan Gamification Cashflow sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Anak Usia Dasar (Studi Kasus: SDN Plumpung 1 Plaosan Magetan). Telematika, 10(2), 166–178.

Muslim, B. (2017). Pengantar Teknologi Informasi Teknik Informatika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Muttaqin, T. (2018). Determinants of unequal access to and quality of education in Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 2(1), 1–23.

Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Termodinamika. UIN Raden Intan Lampung.

Nizar, H., Somakim, S., & Yusuf, M. (2016). Pengembangan LKS dengan Model Discovery Learning pada Materi Irisan Dua Lingkaran. Sriwijaya University.

Nurhadji Nugraha; Parji, B. A. S. (2020). Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada KKG Kelas 5 Sekecamatan Lembeyan Magetan). KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar.

Nurjanah, E., Rusmana, A., & Yanto, A. (2017). Hubungan literasi digital dengan kualitas penggunaan e-resources. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(2), 117–140.

Prastowo, A. (2014). Pengebangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Kencana.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.

Rodhin, R. (2011). Internet dalam konteks perpustakaan. Pustakaloka, 3(1), 1–19.

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316.

Tang, C. M., & Chaw, L. Y. (2015). Digital Literacy and Effective Learning in a Blended Learning Environment.

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W. A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 173–179.

Wardhana, W. S. (2020). Strategi Pengembangan Kompetensi Guru Secara Mandiri di Era Literasi Digital. Http://Research-Report.Umm.Ac.Id/Index.Php/SENASBASA Strategi, 4, 424–431.

Widodo, A., & Riandi. (2013). Dual-mode teacher professional development: challenges and re-visioning future TPD in Indonesia. Teacher Development, 17(3), 380–392.

Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN Salatiga.

Downloads

Published

2022-04-22