Membangun Ekonomi Kreatif di Masa Pandemi Melalui Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Desa Weru Kabupaten Jombang

Authors

  • Tatik Muflihah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nailul Authar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Zarkasih Noer Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Yusuf Muhammad Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Safiudin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Ekonomi kreatif,; Sampah Rumah Tangga; Pandemi Covid-19

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun ekonomi kreatif melalui daur ulang sampah pada bank sampah masyarakat desa Weru Kab. Jombang. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa bank sampah masyarakat desa Weru Kab. Jombang memberdayakan masyarakat sekitar dengan mengadakan kegiatan daur ulang sampah rumah tangga yang memiliki nilai tambah  menjadi yang bernilai ekonomis. Dimana tahapan pemberdayaan yang berlaku di bank sampah masyarakat desa Weru Kab. Jombang meliputi penyadaran, pengorganisasian, kaderisasi, dukungan teknis dan pengelolaan sistem. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berkontribusi pada model pengelolaan bank sampah yang telah berhasil dalam mewujudkan model ekonomi kreatif masyarakat desa dengan sistem bank sampah yang memiliki implikasi secara ekonomis bagi  masyarakat sekitar yang berdampak sebagai efek domino kondisi pandemik covid-19 secara ekonomi. Dampak ekonomi yang ditimbulkan akibat keberadaan bank sampah desa Weru Kab. Jombang yakni terciptanya gerakan ekonomi kreatif melalui pemanfaatan sampah rumah tangga.

References

Azzahra, F., Utari, D., Riyana, G., Mubarok, S., & Fuad, M. M. (2014). JELANTUNG (Jelantah Langsung Untung)“Konsep kemitraan dalam pemanfaatan minyak jelantah untuk mereduksi pencemaran lingkungan dan meningkatkan pendapatan pedagang gorengan”.

Indrawijaya, A. N., Loekman, A., Gafli, G. F. M., Fadhillah, F., Maharani, C. A., Rachmanto, F., & Syauta, R. E. (2020). Sedekah Jelantah: Sebuah Inisiatif untuk Mempromosikan Sistem “Waste Management” dan untuk Menciptakan Komunitas Mandiri melalui Biofuel JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT 5(2), 10.

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1), 42-52.

Indonesia, P. R. (2012). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Jakarta: Sekretariat Negara.

Setiana, U., & Kosasih, M. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Dalam Rangka Mewujudkan Peningkatan Kesehatan Lingkungan Dan Perekonomian Di Desa Kuripan. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 174-184.

Downloads

Published

2022-04-22