Perancangan dan Pelatihan Pemanfaatan Website Sekolah Sebagai Media Informasi di MA Kare Madiun

Authors

  • Latjuba Sofyana STT Universitas PGRI Madiun, Kota Madiun, Indonesia
  • Estuning Dewi Hapsari Universitas PGRI Madiun, Kota Madiun, Indonesia

Keywords:

pelatihan, perancangan, website, informasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong semua lapisan masyarakat untuk  memanfaatkannya, termasuk sekolah. Madrasah Aliyah Kare merupakan sekolah yang belum memiliki media informasi terstruktur. Penyebaran informasi masih dilakukan secara manual. Maka dari itu, membutuhkan pemanfaatan teknologi informasi yang dapat mendukung, yaitu pemanfaatan website. Kegaitan pengabdian dilakukan di MA Kare, jalan Kandangan 48, Kare, Madiun. Metode pelaksanaan terdiri dari dua bagian, yaitu pengembangan perangkat lunak dan sosialisasi. Pengembangan perangkat lunak menggunakan metode sekuensial linier yang terdiri dari empat tahap, yaitu analisis, desain, koding, dan pengujian. Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan model presentasi sekaligus pelatihan pemanfaatan dan pengelolaan website oleh operator. Kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa di dalam website terdapat dua aktor, yaitu admin dan user. Pada halaman admin, terdapat beebrapa menu yang dapat diedit dan diakses. Pada halaman user
menampilkan berbagai informasi yang terkait dengan sekolah. Kegiatan sosialisasi website dilakukan untuk seluruh warga warga sekolah. Kegiatan pelatihan diikuti oleh dua admin dan diakhiri dengan pengisian kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa website cukup berhasil dan dapat dijadikan sebagai media informasi sekolah agar dikenal masyarakat luas. 

References

Anike, Marleni& Gutteres, Jose.2019. Rancang Bangun apk PMB5t Menggunakan metode sekuensial linier di Puskesmas Alak Kota Kupang. Prosiding SENDI_U. hal 131-138.

Devella, Siska.,Yohannes.,&Nur Rachmat.2021. Pelatihan Pembuatan Website Sekolah Menggunakan Wordpress untuk Guru TIK SMA Negeri 17 Palembang.Selaparang, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol, 4, (2).406-411.

Realize&Tukino.2019.Penggunaan Website Sebagai Media Promosi Home Industry pada Tim Penggerak PKK. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. Vol.3, (1).36-41.

Downloads

Published

2022-01-25