Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Authors

  • Silvester Silvester Institut Shanti Bhuana Bengkayang
  • Yosuda Damas Sadewo Institut Shanti Bhuana Bengkayang
  • Margaretha Lidya Sumarni Institut Shanti Bhuana Bengkayang

Keywords:

Media Pembelajaran, Tekonologi, Kompetensi Guru

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di segala bidang tidak terkecuali pada pendidikan. Perubahan yang terlihat jelas yaitu dalam proses pembelajaran, di mana sebelumnya proses pembelajaran dilakukan secara luring atau tatap muka langsung beralih menjadi daring atau pembelajaran jarak jauh. Akan tetapi pada kenyataannya tidak semua daerah siap untuk melakukan pembelajaran secara daring. SDN 01 Bengkayang, adalah salah satu Sekolah Dasar terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia yang juga mengalami hal serupa. Perubahan pembelajaran full daring, belum dapat diimplementasikan di wilayah ini mengingat kondisi daerah yang jauh tertinggal dibanding wilayah perkotaan, ditambah lagi kompetensi guru dalam menggunakan perangkat komputer juga belum maksimal. Sebagai salah satu solusi agar pembelajaran daring dapat diterapkan di SDN 01 Bengkayang maka diberikan pelatihan dan pendampingan dalam membuat dan mengelola teknologi menjadi media pembelajaran sehingga dapat menunjang proses pembelajaran daring dan meningkatkan kompetensi dan wawasan guru mengenai media pembelajaran berbasis teknologi. Tahap kegiatan dalam pengabdian masyarakat ini terdiri dari tahap diskusi, implemantasi dan refleksi. Melalui pelatihan ini, terdapat peningkatan kemampuan para guru SDN 01 Bengkayang dalam mengelola media pembelajaran berbasis teknologi, sehingga dapat di terapkan selama sistem pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini.

References

Adam, S. (2015). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi bagi siswa kelas X SMA Ananda Batam. Computer Based Information System Journal, 3(2).

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.

Hartanto, F. M. (2018). Paradigma Baru Manajemen Indonesia: Menciptakan Nilai dengan Bertumpu Pada Kebijakan dan Potensi Insani. Bandung: Mizan Pustaka.

Jaelani, A., Fauzi, H., Aisah, H., & Zaqiyah, Q. Y. (2020). Penggunaan media online dalam proses kegiatan belajar mengajar pai dimasa pandemi covid-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online). Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(1), 12-24.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. Publikasi Pendidikan, 10(3), 189-196.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.

Sadewo, Y. D., Purnasari, P. D., Sumarni, M. L., Silvester, Lumbantobing, W. L., & Jewarut, S. (2021). Hambatan dan Tantangan Study From Home Pada Sekolah Dasar di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat Indonesia . Seminar Nasional Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan (SNFKIP) (pp. 1-11). Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (USD).

Downloads

Published

2022-01-25