Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan Koperasi Al Islah

Authors

  • Heni Agustina Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Rizki Amalia Elfita Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ocktora Putri Kirana Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Laporan Keuangan, Koperasi

Abstract

Laporan keuangan koperasi dapat memberikan informasi untuk pengambilan keputusan. Koperasi Al-Islah saat ini masih menggunakan laporan keuangan sederhana, namun laporan keuangan koperasi harus sesuai dengan SAK ETAP. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memahami proses pencatatan laporan keuangan, memahami cara mengelola organisasi dengan manfaat dari akuntansi, mengambil keputusan yang tepat dalam mengelola laporan keuangan koperasi Al-Islah sesuai dengan SAK ETAP. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan model educative yaitu dengan memberikan edukasi/pemahaman terkait penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standart yang berlaku SAK ETAP. Pelatihan ini diadakan secara online bagi sejumlah pegawai koperasi Al-Islah. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para pegawai koperasi Al-Islah dapat menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK ETAP.

References

Adiyanto, Mochamad Reza. 2020. Pemberdayaan Usaha Mikro Dan Kecil Terdampak Pandemi Covid – 19 Desa Paseseh Tanjung Bumi Bangkalan. Community Development Journal. Vol. 4 No.2. Surabaya.

Indawatika, Feri. 2017. Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK ETAP Koperasi Intako Dan Respon Pihak Eksternal. Journal of Accounting Science. Vol. 1 No.1.

http://iaiglobal.or.id/v03/standar-akuntansi-keuangan/etap

http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1569826353_Permenkop%20Nomor%2013%20tahun%202015%20tt%20pedoman%20akuntansi%20usaha%20simpan%20pinjam%20oleh%20koperasi%20.pdf

https://kamus.tokopedia.com/c/catatan-pada-laporan-keuangan/

Downloads

Published

2022-01-25