Pelatihan Pengolahan Jinten Hitam Menjadi Minyak Untuk Kesehatan

Authors

  • Nunik Purwanti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Andikawati Fitriasari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

pelatihan, pendidikan kesehatan, jinten hitam, analisa data, statistik

Abstract

Jintan hitam (black seed), atau biasa dikenal juga oleh masyarakat Indonesia sebagai habbatussauda, sudah lama digunakan secara luas sebagai obat herbal. Penelitian menunjukkan tanaman ini memiliki manfaat kesehatan dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Biji-bijian yang dalam bahasa Latin disebut Nigella sativa ini biasa diolah untuk dijadikan bumbu masakan atau diambil ekstraknya. Sejak masa lampau, habbatussauda telah digunakan untuk menangani berbagai penyakit dan dipercaya memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Jintan hitam mengandung aneka nutrisi yang baik bagi kesehatan, seperti karbohidrat, protein, lemak sehat termasuk asam oleat dan asam linoleat, kalsium, serat, zat besi, natrium, kalium, dan antioksidan. Manfaat yang terkandung dalam jinten hitam masih jarang di gunakan terutama pada masyarakat di desa. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan memberikan pendidikan kesehatan tentang jinten hitam dan melatih mengolah jinten hitam menjadi minyak yang baik untuk kesehatan sehingga pengetahuan dan ketrampilan masyarakat meningkat. Peningkatan pengetahuan akan menjadi bahan wirausaha mereka untuk membuat minyak jinten hitam dan memasarkannya sehingga menjadi masukan penghasilan. Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh 40 oeserta ibu-ibu rumah tangga yang berada di RT 16 dan RT 17 Desa Kedensari Tanggulangin Sidoarjo. Berdasarkan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji mann whitney di dapatkan hasil p-value 0,000 kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan sebelum dan sesudah pelatihan. Nilai rata-rata pengetahuan peserta pelatihan sebelum dilaksanakan pelatihan adalah 47, sesudah pelatihan nilai rata-rata sebesar 66. Perubahan nilai pengetahuan peserta pelatihan disebabkan karena dengan pemberian pengetahuan otomatis akan terjadi pemberian informasi yang nantinya akan di serap oleh penerima sehingga menyebabkan peningkatan ilmu dan perubahan pengetahuan. Pemberian pelatihan dan pendidikan kesehatan sangat penting sekali di lakukan agar masyarakat sekitar semakin meningkat pula ilmunya terutama tentang kesehatan.

References

Adamu, H.M., Ekanem, E.O., dan Bulama, S., 2010, Identification of Essential Oil Components from Nigella sativa Seed by Gas Chromatography-mass Spectroscopy, Pakistan Journal of Nutrition 9 (10): 966-967.

BPOM, 2011, Mari Minum Obat Bahan Alam Dan Jamu dengan Baik dan Benar, InfoPOM, Vol. 12 No. 3 Burits, M., dan Bucar, F., 2000, Antioxidant activity of Nigella sativa essential oil. Phytother. Res., 14: 323–328.

Bamosa, A., 2015. A Review on the Hypoglycemic Effect of Nigella sativa and Thymoquinone. Saudi Journal of Medicine and Medical Sciences, 3(1), pp. 2-7.

Baiq, dkk. 2015. Pengaruh Pemakaian Kombinasi Minyak Jinten Hitam (Niggella Sativa) dan Madu (Apis Mellifera) Sebagai Anti-Acne Secara Tropical Pada Sukalerawan Wanita. Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Jurnal, Yogyakarta.

Endah A. 2012. Efektifitas Pemakaian Jinten Hitam Terhadap Respons Imun Pada Gigi yang Mengalami Inflamasi. Jurnal Dosen Jurusan Kesehatan Gigi Poltekes Kemenkes Semarang.

Mahfur, 2018. Profil Metabolit Sekunder Senyawa Aktif Minyak Atsiri Jinten Hitam (Nigella sativa L.) dari Habasyah dan India. Jurnal Farmasi Indonesia, 15(1), pp. 90-97.

Natalia, M., 2012. Uji Stabilitas Fisik dan Uji Aktivitas Antibakteri Minyak Jintan Hitam (Nigella sativa L.) Yang Diformulasikan Sebagai Sediaan Nanoemulsi Gel (Nanoemulgel). Skripsi. Universitas Indonesia.

Putra, G. U., Djamal, A. & Masri, M., 2015. Uji Efek Antibakteri Minyak Jintan Hitam (Nigella sativa) Dalam Kapsul yang Dijual Bebas Selama Tahun 2012 di Kota Padang Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli Secara In Vitro. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(2), pp. 387-391.

Paarakh, Padmaa, M., Niggela Sativa Linn.- Comprehensive Review. Indian Journal of Natural Produtc Vol 1(4) Desember pp 409-429 (2010).

Paramita, Anjelia., Suprijono, Agus., Sumarno., Pengaruh Pemberian Minyak Jinten Hitam (Nigella sativa) terhadap Indeks Apoptosis Adenokarsinoma Mammae secara In Vivo Studi Eksperimental Mencit Galur C3h yang diinokulasi Sel Adenokarsinoma

Mammae (2012).

Putra, N., 2015. Effect Antimicrobial Nigella sativa For Inhibits Growth of Bacteria. J. Majority, 4(4), pp. 70-73.

Safithri, F., 2017. Potensi Biji Jintan Hitam (Nigella sativa) Dalam Regenerasi Pankreas Secara Endogen Pada Diabetes Mellitus Tipe-2. Santika Medika, 13(2), pp. 76-87.

Sejati, A. D., 2012. Penetapan Kadar Flavonoid dan Fenolik Ekstrak Air Jinten Hitam (Nigella sativa L.) dan Uji Sitotoksik pada Sel Kanker Payudara MCF-7 dari TIga Daerah : Habasyah, India, dan Indonesia. Naskah Publikasi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Septiana, L., 2019. Pengaruh Emulgel Minyak Jintan Hitam Terhadap Jumlah Fibroblas, VEGF, dan DIameter Ulkus (Uji Pra-klinik Pada Mukosa GIngiva Tikus Wistar Jantan Yang Diinduksi H2O2). Tesis. Universitas Islam Sultan Agung

Sasongkowati, R., Rahmawati, A., Al-Anwari, N., Pengaruh Pemberian Infusa Jintan hitam (Niggela Sativa Linn) Terhadap Pertumbuhan Jamur Candida Albicans. Analis Kesehatan Sains Vol: 01 No 1 (2012).

Downloads

Published

2022-01-25