Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang

Authors

  • Endah Tri Wahyuningtyas Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dina Anggraeni Susesti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Peluang, Tantangan, Profesi Akuntan, Era Digital

Abstract

Dampak dari era digital membawa perubahan yang sangat banyak pada semua aktivitas manusia terutama profesi akuntan yang menuntut untuk menyesuaikan sesuai dengan perkembangan teknologi di era digital. Permasalahan yang dialami oleh Siswa Siswi MA Mambaul Ulum Corogo Jombang adalah minimnya pengetahuan mengenai peluang dan tantangan profesi akuntan di era digital. Masalah ini menjadi penyebab utama bagi siswa yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan. Kegiatan pendampingan sosialisasi terkait peluang dan tantangan profesi akuntan di Era Digital bagi siswa MA Mambaul Ulum Corogo Jombang, diikuti oleh 62 siswa terdiri dari 2 kelas IPS. Sebelum dan sesudah penyuluhan diberikan pre-test dan post-test untuk menilai peningkatan pengetahuan siswa terkait profesi akuntan. Peningkatan taraf pengetahuan merupakan salah satu indikator efektifnya sosialisasi/penyuluhan yang dilakukan Peningkatan pengetahuan yang terjadi setelah sosialisasi sangat berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dan wawasan siswa MA yang merupakan peningkatan mutu lulusan siswa didik sekolah itu sendiri, tentang pentingnya profesi akuntan dan peningkatan kesadaran dalam beradaptasi dengan digital dalam pengelolaan keuangan di segala unit bisnis. Hal ini terlihat jelas pada hasil pengolahan data yang dilakukan yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata setelah sosialisasi dibandingkan sebelum sosialisasi bernilai positif, berarti nilai siswa setelah sosialisasi lebih tinggi dibandingkan sebelum mengikuti sosialisasi sehingga dapat dikatakan bahwa sosialisasi yang dilakukan dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa, tentang pentingnya mengetahui peluang dan tantangan profesi akuntan di era digital agar siswa lebih memiliki bekal yang kuat untuk terjun di dunia industri.

References

Agustuna, et al. (2020). Peningkatan Literasi Siswa SMK Pada Bidang-Bidang Akuntansi dan Jenis-Jenis Profesi Akuntansi, Abidumasy 1(1) : 54-57

Martani, Dwi. 2019. Akuntan Dalam Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Era Society 5.0. ppt. https://staff.blog.ui.ac.id/martani/files/2019/04/Akuntansidi-ERARevolusi-4.0-dan-Society-5.0-24042019.p. Diunduh 1 November 2019

Rosmida, Rosmida. "Transformasi Peran Akuntan dalam Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Era Society 5.0." Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 7.2 (2019): 206-212.

Subur, L. (2019). Accounting Talk Tansformasi Akuntansi pada Era Digital, https://www.kompasiana.com/lizazu/5c2c296c12ae940f 8754b280/akuntansi-di-era-revolusiindustri-4

Shanti, Yunita Kurnia, and Susi Sih Kusumawardhany. "Tantangan Dan Peluang Profesi Akuntan Di Era Milenial." Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat 1.3 (2021).

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Downloads

Published

2022-01-25