Sosialisasi Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Transportasi kepada Kepala Sekolah dan Guru di Wilayah Surabaya sebagai Upaya Peningkatan Penerimaan Mahasiswa Program Vokasi Unesa

Authors

  • Ari Widayanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dadang Supriyatno Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Anita Susanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Fitri R. Widayanti Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • R. Endro Wibisono Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Amanda Ristriana P. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Sosialisasi, Vokasi, Transportasi, Kepala Sekolah, Guru

Abstract

Salah satu program pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam menunjang Pendidikan di Indonesia adalah pendirian Program Vokasi. Keunggulan dari program ini adalah diharapkan semua lulusannya terserap didunia kerja khususnya pada industri terkait. Pola kerjasama yang baik dengan industri yang tertuang pada program magang industri merupakan upaya untuk menciptakan link and match antara program studi dengan dunia usaha dan industri. Adanya program vokasi yang mempunyai unggulan dan ciri khas tersebut, belum banyak dikenal luas oleh masyarakat khususnya di kalangan pendidikan. Dalam hal ini diperlukan kegiatan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan guru, sehingga makna dan visi misi yang terkandung pada program ini dapat disampaikan dengan baik kepada siswa. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas penerimaan mahasiswa Program Vokasi Transportasi Unesa. Tujuan PKM ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Program Vokasi Transportasi Unesa kepada Kepala Sekolah dan guru di Surabaya. Metode menggunakan cara sosialisasi yaitu presentasi materi melalui kegiatan luring. Hasil yang diperoleh adalah peserta sosialisasi menyambut baik kegiatan PKM. Peserta sosialisasi memberikan saran supaya PKM berkelanjutan, dan mengundang siswa secara langsung sehingga lebih tepat sasaran terkait Program Vokasi Transportasi Unesa.

References

Gagne, R. M., Briggs, L. J., & Wager, W. W. (1992). Principles of Instructional Design (4 ed.). New York: Harcourt Brace College Publishers.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015. Jakarta, Indonesia: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. (2012) Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 tanggal 17 Januari 2012, Jakarta, DKI, Indonesia: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Downloads

Published

2022-01-25