Implementasi Sistem Informasi Manajemen Tingkat Rukun Tetangga Berbasis Website di Kelurahan Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

Authors

  • Ima Kurniastuti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Fajar Annas Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Tri Deviasari Wulan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

sistem informasi manajemen, website, pengurus RT, Rukun Tetangga

Abstract

Melalui Peraturan Walikota Surabaya Nomor 29 Tahun 2019, Pengurus Rukun Tetanggamerupakan lembaga yang dibentuk oleh pemerintah di tingkat kelurahan dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan. Pengurus RT 6 RW 8 memberikan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat yang berada di wilayah kerjanya. Namun saat ini pelayanan yang diberikan oleh pengurus RT 6 RW 8 belum maksimal karena masih menggunakan sistem manual. Hambatan yang muncul dengan sistem pelayanan manual adalah aktivitas yang memakan waktu, resiko kesalahan dalam pencatatan atau validasi data. Oleh karena itu sistem informasi manajemen tingkat Rukun Tetangga berbasis website sehingga pelayanan menjadi lebih maksimal, mudah, efektif dan efisien. Dalam metode pelaksanaannya, dilakukan perbandingan pengisian kuisioner pre-test dan post-test dengan adanya intervensi untuk mengetahui peningkatan tingkat pemahaman pengurus RT dalam pengoperasian sistem informasi manajemen berbasis website. Intervensi berupa sosialisasi, praktek langsung dan pembagian buku panduan/petunjuk terkait pengoperasian sistem informasi manajemen. Perbandingan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa adanya peningkatan tingkat pemahaman pengurus RT dalam pengoperasian sistem informasi manajemen berbasis website.

References

Chacon, Scott. Straub, Ben. 2021. Git – Distributed Even If Your Workflow Isnt. https://git-scm.com/

Composer. 2021. Introduction of composer. https://getcomposer.org/doc/00-intro.md

Hameed, Muhammad. 2021. What is Edge Code?. https://www.educative.io/edpresso/what-is-edge-code

Irawan, A. Komara, E. F. 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Pemerintahan Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. 1(2). 123.

Pujaastawa, Ida Bagus Gde. 2016. Teknik Wawancara dan Observasi untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Program studi Antropologi. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Udayana.

Solichin, Achmad. 2014. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. https://www.researchgate.net/publication/236885805

Visual, Studio Code. 2021. Visual Studio Code FAQ. https://code.visualstudio.com/docs/supporting/faq

Walikota Surabaya Provinsi Jawa Timur. 2019. Peraturan Walikota Surabaya Nomor 29 Tahun 2019 tentang Tata Cara Pemilihan Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan, Pengurus Rukun Warga dan Pengurus Rukun Tetangga.

Yoris, Leonardus. Sentika, Denis. Herdiansyah, Ryan. Nurmalasari. Yoraeni, Ani. 2021. Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Masyarakat Tingkat RT dan RW Berbasis Website dengan Model Scrum. Inti Nusa Mandiri Vol. 15 No. 2 Februari 2021.

Downloads

Published

2022-01-25