Sosialisasi Pengangkatan Benda secara Manual pada Pekerja Mebel

Authors

  • Ratna Ayu Ratriwardhani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Merry Sunaryo Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nikhen Hanifah Alvianshah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Aanisah Azzahrah Apriyanti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Naufal Ilham Saputra Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

MMH, NIOSH Lifting Equation, Pekerja Mebel, Pengangkatan Benda, RWL

Abstract

Pengangkatan benda secara manual jika dilakukan dengan cara yang salah dapat menyebabkan cidera, terutama cidera pada tulang belakang. Industri mebel merupakan salah satu industri yang didalamnya banyak terdapat aktivitas pengangkatan beban secara manual. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi edukasi kepada para pekerja mebel terkait cara yang benar dalam pegangkatan beban secara manual dan memberi edukasi terkait berapa berat beban yang aman diangkat bagi pekerja sehingga terhindar dari resiko penyakit MSDs. Sosialisasi dilakukan di UD. Kaisar Putra dengan menggunakan poster yang berisi gambar-gambar cara pengangkatan beban yang benar. Sosialisasi dilakukan juga dengan mempraktekkan secara langsung cara pengangkatan beban yang benar. Dari 15 orang pekerja industri mebel yang berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, sebagian besar pekerja pernah mengalami penyakit akibat kerja berupa cidera pada tulang belakang. Salah satu pekerja ada yang sudah mengetahui tentang bagaimana cara mengangkat beban yang benar, tetapi pekerja tersebut mengaku jika dirinya tidak pernah menerapkan cara-cara tersebut dalam pekerjaannya sehari-hari. Sebelum diadakannya sosialisasi, sebagian besar para pekerja industri mebel tersebut tidak mengetahui bagaimana cara mengangkat beban yang benar. Tingkat pengetahuan pekerja tentang cara mengangkat beban yang benar dan pencegahan penyakit akibat kerja berupa cidera pada tulang belakang terbukti bertambah.

References

Nurmianto, E. (2004). Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya (Edisi kedua). Guna Widya.

Ratriwardhani, R. A. (2019). Analisa Aktivitas Pengangkatan dengan Metode Recommended Weight Limit (RWL). Medical Technology and Public Health Journal, 3(1), 94-100.

Tarwaka; Bakri, S. H. A.; Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi, untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. UNIBA Press.

Tarwaka. (2010). Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Harapan Press.

Waters, T. R.; Anderson, V. P.; Garg, A., Fine, J. (1993). Revised NIOSH Equation for the Design and Evaluation of Manual Lifting Task. National Institute for Occupational Safety and Health.

Waters, T. R.; Anderson, V. P.; Garg, A. (1994). Application Manual for the Revised NIOSH Lifting Equation. US Department of Health and Human Service.

Waters, T. R. & Putz Anderson, V. (1996). Revised NIOSH Lifting Equation. Marcel Dekker Inc

Downloads

Published

2022-01-25