Peningkatan Pelaksanaan Wisuda Online SDIT AL-USWAH Surabaya 2020/2021

Authors

  • Rizqi Putri Nourma Budiarti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Endang Sulistyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Devaldi Akbar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Septyan Diaz Anggoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Sritrusta Sukaridhoto Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Wisuda Online, Peningkatan, Kerjasama Tim, Waktu Persiapan, Desain Arsitektur

Abstract

Wisuda online merupakan upacara peneguhan atau pelantikan bagi seorang seseorang yang telah selesai menempuh pendidikan yang dilakukan secara daring menggunakan layanan live streaming yang dapat dilihat melalui platform online oleh semua orang. Di kalangan akademik, wisuda merupakan penanda kelulusan siswa yang telah menyelesaikan masa belajarnya. Biasanya prosesi wisuda dilakukan dengan mengadakan berbagai acara perayaan untuk merayakan keberhasilan, suka cita siswa bersama keluarga, teman dan guru-guru di sekolahnya. Namun, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan prosesi wisuda ini dilakukan secara online. Wisuda online SDIT Al-Uswah Surabaya diadakan secara online untuk kedua kalinya dimana mulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaannya di lakukan selama 2 minggu. Wisuda online yang pertama menitikberatkan pada cost-effective pada pelaksanaan online. Sedangkan pada Wisuda online tahun ke 2 ini, dilakukan dengan peningkatan beberapa hal pada
pelaksanaan wisuda online dan tidak hanya terbatas pada cost-effective saja. Hasil dari pelaksanaan wisuda online kedua ini, terdapat peningkatan dari sisi penggunaan design arsitektur wisuda online, soundeffective, operator, dan design video, susunan acara, serta kepuasan feedback peserta dan tim wisuda online 2021. Peningkatan Pelaksanaan Wisuda Online SDIT AL-USWAH Surabaya 2020/2021, tergantung pada waktu persiapan, kesesuaian susunan acara, kerjasama tim kepanitiaan dan peserta wisuda, serta
kreatifitas inovasi dalam melakukan perbaikan pelaksanaan wisuda. 

References

Carlson, E. R. (2020). COVID-19 and educational engagement. Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, 78(7), 1049-1051.

Fukuda, K. (2020). Science, technology and innovation ecosystem transformation toward society 5.0. International journal of production economics, 220, 107460.

Budiarti, R. P. N., Sukaridhoto, S., & Fandi, M. (2020). Cost Effective of Online Graduation Ceremony at SDIT AL-USWAH Surabaya. Prosiding SEMADIF, 1.

Sudrajat, D., Achdisty, M., Kurniasih, N., Mulyati, S., Purnomo, A., & Sallu, S. (2019, December). The Implementation of Innovation in Educational Technology to Improve The Quality of Website Learning in Industrial Revolution Era 4.0 Using Waterfall Method. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012044). IOP Publishing.

McCoy, K. (2016, March). When Distance is the Issue: Using Zoom, Cloud Based Video Web Conferencing System: Perspectives, Possibilities & Potential in Higher Education. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 301-304). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

McCoy, K. (2015, March). Using Zoom, Cloud Based Video Web Conferencing System: to Enhance a Distance Education Course and/or Program. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 412-415). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Kaufmann, D. A. (2019). Using OBS to Create Video Lectures for Online Counseling Students. Journal of Instructional Research, 8(2), 70-76.8

Downloads

Published

2022-01-25