Penyuluhan Kepada Orang Tua Siswa Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara

Authors

  • Evi Susilawati Universitas islam Sumatera Utara, Medan Sumatera Utara, Indonesia
  • Imamul Khaira Universitas Haji Sumatera Utara 2, Deli Serdang, Sumatera Utara

Keywords:

Penyuluhan Orang Tua Siswa, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa berbagai perubahan dalam perubahan kegiatan proses pembelajaran yang telah berubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Pada masa tahun pelajaran 2021/2022 Pemerintah telah memberikan izin pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. tentang tata dan aturan penyelenggaran pembelajaran tatap muka secara terbatas. Untuk mendukung program tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Sumatera Utara melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan ; (1) untuk memberikan pemahaman kepada orang tua siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan tentang tahapan
pembelajaran tatap muka terbatas pada masa pandemi Covid-19; (2) untuk memberikan pemahaman kepada para orang tua siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan dalam kesiapan mereka menghadapi pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan sosialisasi pemerintah. Penyuluhan kepada orang tua siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan dalam menghadapi pembelajaran tatap muka terbatas pada masa Covid 19 ini dilaksanakan dengan pendekatan pendidikan orang dewasa (andragogi) dengan melakukan pre tes dan postes dari materi yang diberikan oleh narasumber. Hasil dari kuesioner yang diberikan memperlihatkan pada semua point kuesioner yang diberikan kepada orang tua siswa telah terjadi peningkatan pemahaman orang tua siswa dalam mempersiapkan anak-anak mereka dalam menghadapi Pembelajaran
Tatap Muka Terbatas (PTMT) di SMP Negeri 2 Satu Atap Buntu Pane Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara.

References

Basar, Miftahul Afis. (2121). Problematika pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 (studi kasus di smp it nurul fajri cikarang barat, bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 2 No 1 Januari 2021. https://media.neliti.com/media/publications/.

Hardiyanti, Waode Eti., Sulkifly., dan Mori, Jumadi Tuasikal Salam., Kesiapan penerapan pembelajaran aktif, kreatif dan menyenangkan bagi anak usia dini di era new normal. Student Journal of Early Childhood Education. Vol. 1 No. 1, 2021. https://ejournal-fipung.ac.id.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran No 15 tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Sekretaris Jendral.

Kulsum, Kendar Umi,. (2021). Pembelajaran tatap muka terbatas: urgensi dan penerapannya. Kompas.https://kompaspedia.kompas.id/.

Lestari, Putu Indah., Prima, Elizabeth., (2021). Home-based learning di masa mormal baru: partisipasi orang tua anak usia prasekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6, Issue 1 (2022). https://obsesi.or.id › article .

Susilawati, Evi., Khaira, Imamul., Web-based learning implementation to improve students' learning outcomes on understand evaluating the public policies’ impact material during the covid-19 pandemic. Proceedings of 1st Education Research and Applied Business Conference. Nusantara Sciences and Technology Proceedings. Volume 2021. http://dx.doi.org/10.11594/nstp.2021.111.

Malyana, Andasia., (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di teluk betung utara bandar lampung. Pedagogia, Vol. 2, No. 1, (2020), 67-76. http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/pedagogia

Downloads

Published

2022-01-25