Pendampingan dan Sosialisasi Pemanfaatan Rekam Medis Elektronik Pada Klinik Hewan

Authors

  • Tri Deviasari Wulan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Tri Wahyuni Bintarti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nanda Fadhilah Witris Salamy Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Fajar Annas Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Denny Ramadhani Hartika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Rekam medis, klinik hewan, RME, pendampingan, sosialisasi

Abstract

Riwayat diagnosa pasien dapat menentukan perawatan yang tepat agar tingkat kesembuhan semakin tinggi dan cepat. Hal ini juga sama berlaku pada hewan. Seorang dokter hewan perlu melakukan diagnosa yang tepat untuk melakukan identifikasi permasalahan penyakit hewan. Klinik Pawprint adalah klinik hewan yang terletak di daerah kutisari. Klinik hewan ini berdiri pada pertengahan tahun 2020. Klinik Pawprint masih menggunakan rekam medis manual atau berupa kertas. Hal ini menimbulkan banyak permasalahan dalam pencatatan riwayat diagnosa hewan antara lain waktu pencarian berkas yang lama, berkas tidak ketemu, berkas isinya kosong, dan isi berkas tertukar. Pada saat Rekam Medis Elektronik (RME) ini telah digunakan pada klinik Pawprint terdapat beberapa kendala yang akan terjadi yaitu kurangnya pengetahuan pemilik terkait cara pengoperasian sistem rekan medis elektronik. Selain itu dari sisi pelanggan klinik juga masih mempertanyakan manfaat dan kemanan data yang tersimpan di dalam sistem tersebut. Pendampingan telah dilakukan untuk membantu memahami pengoperasian sistem RME. Hasil pendampingan dapat mempermudah dalam proses pencatatan data pasien serta mempercepat proses administrasi yang dilakukan. Selain itu sosialisasi telah dilakukan kepada pelanggan klinik hewan pawprint. Hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan dalam pemahaman manfaat RME dan kepercayaan keamanan data rekam medis hewan peliharaannya pada sistem RME.

References

Ni Gusti Agung Ketut Emayanti, dkk. 2019. Model Sistem Informasi Klinik Hewan Berbasis Website (Studi Kasus Klinik Drh. I Made Jiestara-Denpasar). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi : Banjarbaru

Gunawan Rudy Cahyono, dkk. 2018. Sistem Informasi Rekam Medik Klinik Hewan Dan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Sapi Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Poros Teknik Volume 10, No. 1, Juni 2018 :38-48

Iwan Irawan, dkk. 2018. Evaluasi Penerapan Sistem Rekam Medik Elektronik Berdasarkan Benefit Realization Plan Rumah Sakit Islam (Rsi) Jemursari Surabaya. Digilib Unusa : Surabaya.

ilham najib H, T. W. 2015. Analisa Implementasi Sistem Keamanan Sidik Jari untuk penggunaan LPSI Sistem Informasi. Analisa Implementasi Sistem Keamanan Sidik Jari untuk penggunaan LPSI Sistem Informasi, 1.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. pelayanan bidang kehatan manfaat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. pelayanan bidang kehatan manfaat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, 1.

Downloads

Published

2022-01-25