Peningkatan Pengetahuan Tentang Covid-19 Pada Santri di Lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

Authors

  • Bony Pramono Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Yekti Tunjungsari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

COVID-19, pesantren, Santri, Pendidikan

Abstract

Pada era pandemi COVID-19 ini, disupsi teknologi terjadi di dunia pendidikan, pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan seratus persen di sekolah, secara tiba-tiba beralih menjadi system pembelajaran dalam jaringan, namun hal tersebut masih belum di terapkan di beberapa pondok pesantren dikarenakan jenis pendidikan asrama, serta berbagai alasan kesehatan yang lain. Dikarenakan remaja dan anak-anak merupakan kelompok beresiko yang pengetahuannya akan COVID-19 masih rendah, maka perlu diadakannya penyuluhan. Salah satu model Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran UNUSA yaitu melaksanakan penyuluhan di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan santriwan dan santriwati baik di lingkungan pondok maupun saat ketika nantinya sudah kembali ke rumah masing-masing. Metode yang digunakan adalah penyuluhan daring menggunakan zoom meeting. Hasil penyuluhan yakni meningkatnya pengetahuan santriwan dan santriwati mengenai COVID-19, sehingga dampak yang terasa yakni santriwan dan santriwati lebih waspada dalam menanggapi pandemi COVID-19. Testimoni positif dari salah satu santri menyatakan bahwa pengetahuan aktual yang disampaikan selama penyuluhan sangat bermanfaat untuk diterapkan di lingkungan pondok pesantren.

References

Muslim Dede N. A, Muliani Rizki, Rahayu Sri Mulyati, Jamiyanti Anggi, Khotimah Nur I. H. H. “Santri Siaga Mencegah Bencana Pandemik Covid-19,” Jurnal Abdimas PHB Vol.4 No.2 (2020):268.

Indrasih, Fajar. “Covid-19 dan Tantangan Reformasi Pondok Pesantren,” Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran Vol.3 No. 1 (November 2020):83.

Fathoni, A. N. R. Muhammad Anwar. “Peran Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Indonesia,” Proceeding Conf. Islam. Manag. Accounting, Econ. Vol.2 (2019):133-140.

Downloads

Published

2022-01-25