Asam “Aktivitas Satu Jam" Konseling Kesehatan Masyarakat Penyakit Diabetes Melitus

Authors

  • Andika Siswoaribowo STIKES Karya Husada Kediri, Kediri, Indonesia
  • Nove Lestari STIKES Karya Husada Kediri, Kediri, Indonesia

Keywords:

DM, Senam Kaki

Abstract

Senam kaki merupakan latihan yang dilakukan bagi penderita Diabetes Melittus (DM) atau bukan penderita untuk mencegah terjadinya luka dan membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki.Perawat sebagai salah satu tim kesehatan, selain berperan dalam memberikan edukasi kesehatan juga dapat berperan dalam membimbing penderita DM untuk melakukan senam kaki sampai dengan penderita dapat melakukan senam kaki secara mandiri. Ketidaksanggupan pasien diabetes mellitus dalam melakukan self care dapat mempengaruhi kualitas hidup dari segi kesehatan fisik, kesejahteraan psikologis, hubungan social, dan hubungan lingkungan. Self care yang dilakukan pada penderita diabetes mellitus lebih dititik beratkan pada pencegahan komplikasi dan pengontrolan gula darah. Salah satu tindakan self care pada pasien DM adalah olahraga atau latihan fisik. Berolahraga secara teratur dapat menurunkan dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Dimana salah satu foot exercise untuk pasien diabetes mellitus adalah senam kaki diabetic. Metode pengabdian masyarakat ini adalah observasional Program ini meliputi semua hal-hal yang bersifat teknis, manajerial dan penjadwalan (time schedule Modul manajemen meliputi teknik pendampingan, penanganan dan penyuluhan berkesinambungan. Persiapan sarana dan prasarana pelatihan. Persiapan ini meliputi penyediaansarana dan prasarana tempat pelatihan dan penyuluhan. Koordinasi lapangan. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa seluruh peserta (100%) memahami tentang diabetes melitus, tujuan dilakukannya senam kaki, mengetahui manfaat senam kaki, mengetahui indikasi dan kontraindikasi senam kaki dan antusias, perhatian serta aktif selama kegiatan pelatihan senam kaki.

References

Adhisty, Karolin. (2011). Pengaruh Senam Diabetes Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah sewaktu Pada DM Tipe II. Skripsi Strata Satu Ilmu Keperawatan, Program Studi ilmu keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. (Tidak Dipublikasikan).

American Diabetes Association. (2010). Diabetes Care. Diakses dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2992225/?tool=pmcentrez

Diperoleh tanggal 1 April 2021.

nneahira. (2011) . Senam Kaki Diabetes. Diakses dari http://www.anneahira.com/senam-kaki-diabetes.htm. Diperoleh tanggal 18 maret 2021.

Ibrahim, dkk. (2012). Pengaruh Senam Kaki Terhadap Peningkatan Sirkulasi Darah KakiPada Pasien Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di RSUP Fatmawati Jakarta. Media Ners.

Nasution, dkk. (2009). Jurnal Pengaruh Senam Kaki Terhadap Peningkatan Sirkulasi Darah Kaki Pada Pasien Penderita Diabetes Melitus Di RSUP Haji Adam Malik Medan. Media Ners

Romeli. (2010). Gerakan Kaki Untuk Terapi Penderita Diabetes . Diakses dari http://id.shvoong.com/medicine-and-health/diet-and-exercise/1986942-gerakan-kaki-untuk- terapi-penderita/. Diperoleh tanggal 31 Maret 2021.

Soebagio, Imam. (2011). Senam Kaki Sembuhkan Diabetes Mellitus. Diakses dari http://pakdebagio.blogspot.com/2011/04/senam-kaki-sembuhkan-diabetesmelitus.html. Diperoleh tanggal 16 Maret 2021.

Wartawarga. (2007). Senam Kaki Diabetes Mellitus. Diakses dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/senam-kaki-diabetesmellitus/.

Diperoleh tanggal 31 Maret 2021.

Yudhi. (2009). Senam Kaki. Diakses dari http://www.kesad.mil.id/content/senam-kaki

Downloads

Published

2022-01-25