Survei Kepuasan Masyarakat Digital Pada Pendaftaran Online di RSUD Kota Madiun

Authors

  • Dewi Ridhosari Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Strada Indonesia
  • Eka Ferawaty Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Strada Indonesia
  • Ratna Wardani Institut Ilmu Kesehatan (IIK) Strada Indonesia

Keywords:

Survey Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Rumah Sakit

Abstract

RSUD Kota Madiun sebagai Rumah sakit milik Pemerintah kota madiun dalam tugasnya sebagai penyelenggara pelayanan publik harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan. Sebagai penyelenggara pelayanan publik wajib melakukan Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM ) minimal 1 ( satu ) tahun sekali. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menyediakan sarana digital pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan secara mandiri. Survei Kepuasan Masyarakat digital ini merupakan hasil identifikasi pemecahan masalah sebelumnya yaitu pelaksanaan SKM di RSUD kota Madiun oleh pihak ketiga yang dilakukan setahun sekali sehingga evaluasi dari hasil SKM terlalu lama. Dari hasil identifikasi masalah dengan menggunakan Fishbone dan USG solusi dari permasalahan tersebut adalah pembuatan Survei Kepuasan Masyarakat Digital. Survei kepuasan Masyarakat digital ini diharapkan masyarakat terlibat secara langsung yang menilai respon tentang Persyaratan pelayanan, Sistem, Mekanisme, dan Prosedur pelayanan; Waktu Penyelesaian, Biaya/Tarif , Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan, Sarana dan prasarana yang berupa histogram. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Digital ini memberikan gambaran penilaian terhadap kinerja pelayanan rumah sakit, sehingga Rumah sakit dapat memberikan respon dan intervesi secara cepat dan tepat.

References

Dewi, I. N. (2012). Diagram Fishbone. Retrieved From https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Diagram_Fisbone.pdf

Fatimah, F.N.D. (2016). Teknik Analisi s SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Lukito, I. (2016). Implementasi Kebijakan Survei Kepuasan Masyarakat pada Unit Penyelenggara Layanan Publik Kementerian Hukum dan HAM. Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(3), 1–94. https://ejournal.balitbangham.go.id/index.php/kebijakan/article/view/20 1

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. (2014). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Nomor 65(879), 2004–2006. Undang undang No. 44 Tahun 2009. (2009). 2(5), 255.

Wismanu, R. (2018). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri. Jurnal Ilmiah

Administrasi Publik, 4(1), 18–26. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2018.004.01.3

Downloads

Published

2022-01-25