Penguatan Keterampilan Guru SD dalam Proses Kreatif Menulis Puisi Melalui Metode ATM di PGRI Kabupaten Magetan

Authors

  • Rudi Umar Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Syamsul Ghufron Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Penguatan, Sastra Anak, Puisi, Metode ATM

Abstract

Berdasarkan berbagai observasi terhadap guru bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, kompetensi keterampilan menulis puisi siswa masih di bawah kata maksimal. Adapun penyebab rendahnya keterampilan menulis puisi siswa yaitu dari faktor guru dan faktor siswa. Dari faktor guru yaitu guru hanya memberikan materi-materi menulis puisi tanpa didahului pengarahan tentang penulisan puisi. Pembelajaran menulis puisi masih bertumpu pada hambatan pembelajaran klasik konvensional dengan strategi, pendekatan, dan metode yang belum mampu menumbuhkan kebiasaan berpikir produktif. Metode yang digunakan guru kurang variatif, sehingga membosanlan bagi siswa. Hambatan lain adalah bahwa guru masih melaksanakan penilaian yang bersifat teoritis berupa pengetahuan dan pemahaman konsep saja. Dalam pembelajaran menulis puisi ini guru hanya membacakan salah satu puisi dalam buku paket dan menyuruh siswa untuk menuliskan puisi tersebut lalu guru menyuruhnya untuk membacakannya di depan kelas. Tetapi siswa tidak diberi kesempatan untuk menulis puisi dengan bahasa atau kata-katanya sendiri dan kemampuannya sendiri. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan wawasan dalam membuat puisi secara mudah menggunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan, dan sebagai sarana implementasi pembelajaran sastra anak bagi Guru Sekolah Dasar. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan pada Guru SD. Mitra pada pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini adalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Magetan. Hasil dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa peningkatan pemahaman guru SD yang mengikuti kegiatan ini. Sebanyak 22 responden mengalami peningkatan pemahaman sebanyak 90% yang awalnya, berdasarkan kuesioner pemahaman awal 25-40%. Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru SD yang tergabung dalam PGRI Kabupaten Magetan dapat menerapkan metode baru dalam proses kreatif penulisan puisi.

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: DEPDIKNAS.

Astika, I Made dan Yasa, I Nyoman. 2014. Sastra Lisan Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Djuanda, D. (2006). Pembelajaran bahasa indonesia yang komunikatif dan menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Ekasari, Anisa Diyah, Nuryatin, Agus, dan Suwito, Wagiran. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (1) (2014), hlm. 1—9.

Endraswara, Suwardi. 2016. Metodologi Penelitian Ekologi Sastra : Konsep, langkah, dan penerapan. Jakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service). Garrard, Greg. 2004. Ecocritism. London and New York: Routledge.

Nurgiantoro, Burhan. 2014. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas : Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS.

Iswara, P.D. dan Harjasujana, A.S. (1996). Kebahasaan dan membaca dalam bahasa indonesia. Jakarta: DEPDIKBUD.

Iswara, P.D. (2011). Pengembangan karakter dengan mengapresiasi sajak mohammad yamin dalam pembelajaran bahasa indonesia di upi kampus sumedang. [Online]. Tersedia di https://www.researchgate.net/publication/3 03944684/.

Iswara, P.D. (2007). Sejarah sastra 1. Bandung: Pusat Studi Literasi.

Iswara, P.D. (2014). Teknik membaca buku membuka-buka buku. Sumedang: UPI SUMEDANG PRESS.

Kustandi, C., Sutjipto, B. (2011). Media pembelajaran manual dan digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Margono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Resmini, N., Hartati, T., dan Cahyani, I. (2009). Pembinaan dan pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. Bandung: UPI PRESS.

Suryosubroto, B. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H.G. (2013). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: ANGKASA.

Teeuw. A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Tjahjono, Tengsoe. 2011. Mendaki Gunung Puisi. Malang: Bayumedia.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wilson, Anthony dan Dymoke, Sue. 2017. Towards a Model of Poetry Writing Development as a Socially Contextualised Process. Journal of Writing Research, 9(2), hlm. 127—150.

Wright, Mary W. 2000. Getting More out of Less: The Benefits of Short-Term Experiential Learning in Undergraduate Sociology Courses. Teaching Sociology, Vol. 28, No. 2 (Apr., 2000), hlm. 116—12.

Downloads

Published

2022-01-25