Edukasi Berbasis Android Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Remaja Dimasa Pandemi Covid-19

Authors

  • Dina Zakiyyatul Fuadah Stikes Karya Husada Kediri
  • Muhammad Taukhid Taukhid Stikes Karya Husada Kediri
  • Laviana Nita Ludyanti Stikes Karya Husada Kediri

Keywords:

Edukasi, Perilaku hidup bersih dan sehat, Remaja

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang termasuk di lingkungan sekolah. Pola hidup sehat seharusnya sudah menjadi kebiasaan baru untuk masyarakat Indonesia di masa pandemi covid-19 ini, melalui edukasi PHBS berbasis start-up yaitu berbasis android yang mudah diakses diharapkan mampu menjadi upaya preventif pencegahan di masa pandemic covid-19. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terutama para remaja mengenai pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Sasaran Kegiatan pengabdian adalah siswa dan guru, yang dilaksanakan di SMA Boyolangu Tulungagung pada bulan Juni 2021, dimulai dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penyampaian materi dilakukan dengan cara daring melalui zoom meeting, dan dilengkapi dengan penyampaian bahan ajar edukasi dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis android. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa hasil pretest sebagian besar (76.6%) remaja kurang mengetahui informasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat selama pandemi, tingkat kesadaran untuk melakukannya juga dalam kategori rendah. Hasil posttest hampir seluruhnya (90%) pengetahuan dan kesadaran remaja meningkat tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Remaja menyadari pentingnya berolahraga secara teratur, memakan buah-buahan dan sayur sayuran, tidak merokok didalam rumah, menggunakan air bersih serta pentingnya menggunakan jamban sehat. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk kegiatan pengabdian atau penelitian selanjutnya, untuk kegiatan selanjutnya lebih komprehensif dan disampaikan melalui media yang lebih inovatif yang mendukung informasi terkait PHBS pada remaja dapat menjaga kesehatan pada masa pandemic Covid-19 ini.

References

Depkes RI. (2020).Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta.

Feronika, M. (2018). Hubungan antara Pengetahuan Remaja tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SMP Negeri 7 Samarinda. Kalimantan Timur: Universitas Muhammadiyah.

Iskriyanti, Hari. (2012). Hubungan Karakteristik, Pengetahuan dan Sikap Tentang PHBS dengan praktek esehatan Keluarga dan Kesehatan Lingkungan di Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kota Gede Kota Yogyakarta Agustus 2012. Semarang: UNDIP.

Kemenkes. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Masyarakat. Jakarta: promkes.kemkes.

Sari (2016). Faktor – Faktor yag Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sebagai Upaya untuk Pencegahan Penyakit Diare Pada Siswa di SN Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol 4, No 3. Juli 2016 (2356 – 3346).

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (COVID 19). Wellness and Healthy Magazine. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Vol 2, No 1, p. 187 – 192.

WHO. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pengetahuan seseorang tentang PHBS. Dalam :http://www.ph-who.org. Diakses tanggal 18 maret 2021

Downloads

Published

2022-01-25