Pemberdayaan Kemampuan ICT Guru untuk Pembelajaran Daring Melalui Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Digital Berbasis Web

Authors

  • Suci Nurpratiwi Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Amaliyah Amaliyah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Ahmad Hakam Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Nada Arina Romli Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia

Keywords:

Bahan Ajar Digital, Berbasis Web, Pembelajaran Daring

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan kemampuan ICT dan mengembangkan profesionalisme guru dalam pembelajaran daring melalui pendampingan penyusunan bahan ajar digital. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian berupa ceramah interaktif, diskusi, praktik, dan penugasan. Peserta yang terlibat adalah guru Sekolah Dasar sebanyak 11 orang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui tahapan proses pembuatan panduan, pelaksanaan pendampingan, pemantauan, dan pemberian tugas, dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan berhasil mengembangkan kemampuan dan profesionalitas guru dalam penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Peserta telah dapat menyusun bahan ajar digital secara mandiri dan telah mengimplementasikannya kepada peserta didik dalam pembelajaran daring. Adapun sebesar 30,74% peserta menyatakan kegiatan pengabdian memberikan wawasan baru dan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat bahan ajar digital berbasis web, dan 27,98% peserta merasa puas dengan kegiatan yang telah dilaksanakan.

References

CloudHost. (2019). Mengenal Canva dan Cara Menggunakannya untuk Design Secara Gratis. https://idcloudhost.com/mengenal-canva-dan-cara-menggunakannya/

Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti. (2010). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web (R. D. Riyanti & Nurhajati (eds.)). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional.

Effendi, M. R., Nurpratiwi, S., Narulita, S., Tsaqila, D. F., & Nurhidayat, M. (2021). Penguatan Kapasitas Softskill Guru dalam Upaya Peningkatan Etos Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Sivitas, 1(2), 43. https://doi.org/doi.org/10.52593/svs.01 .2.01

Fathurrohman. (2020). Kompetensi Guru pada Teknologi Masih Rendah. FIN: Fajar Indonesia Network. https://fin.co.id/2020/02/07/kompetensi-guru-padateknologi-masih-rendah/

Harnani, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. BDK Jakarta Kemenag RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitaspembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Hartati, T. A. W., & Kusdianto, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Desain dan Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 63.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 187.

Nurpratiwi, S., & Amaliyah. (2020). Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Mengembangkan Kualitas Peserta Didik. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(2), 457. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i2.18164

Sadjati, I. M. (2012). Hakikat Bahan Ajar. In Pengembangan Bahan Ajar (1st ed., p. 1.18). Universitas Terbuka.

Satariyah. (2020). Tantangan Guru Gagap Teknologi pada Pembelajaran Jarak Jauh. BDK Jakarta Kemenag RI. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/tantangan-gurugagap-teknologi-pada-pembelajaran-jarak-jauh

Zulkifli, & Royes, N. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2)

Downloads

Published

2022-01-25