Pemanfaatan Edugame Rumah Belajar Sebagai Media Pembelajaran Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Magetan

Authors

  • Akhwani Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Sukron Djazilan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Edugame, Rumah Belajar, Media Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran daring yang diselenggarakan mengalami banyak kendala dan keterbatasan. Siswa merasa jenuh dan bosan karena pembelajaran hanya diberikan melalui penugasan. Riset menunjukan siswa kurang aktif dalam menyampaikan pendapat, pemikiran yang berujung pada kejenuhan siswa dalam belajar. Game edukasi menjadi solusi dengan konsep belajar sambil bermain. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakay adalah ceramah dan praktik (drill practice). Subjek yang terlibat adalah guru-guru sekolah dasar di bawah naungan PGRI Kabupaten Magetan sejumlah 198 peserta. Data yang terkumpul, dianalisis dengan membandingkan hasil prettest dan posttest. Data yang diukur adalah Pemahaman Game Edukasi, Pemahaman Edugame, Penggunaan dan Pemanfaatan Edugame Rumah Belajar. Hasil pengabdian masyarakat menunjukan bahwa peserta pengabdian masyarakat memahami portal Edugame Rumah Belajar dengan rata-rata berada pada kriteria baik dengan prosentase 89%. Sementara dalam menggunakan Edugame Rumah belajar berada pada level sedang dengan prosentase sedang atau 57%. Peserta mampu menggunakan edugane rumah belajar sesuai dengan materi pada tema pembelajaran. Hasil analisis game edukasi rumah belajar menunjukan bahwa peserta dapat memanfaatkan jenis game yang ada pada materi Matematika, IPA, IPS, Bahasa, PKn dan Umum. Tidak semua game mampu diterapkan di sekolah dasar, karena ada beberapa materi yang berada pada level SMP. Edugame rumah belajar dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Guru SD merasa materi edugame rumah belajar bermanfaat sebagai alternatif dalam mengatasi kejenuhan siswa.

References

Akhwani. (2020). Alternatif Strategi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional dalam Jaringan Hasil Penelitian dan Abdimas Tahun 2020 (Vol. 1, hal. 409–417). STKIP PGRI Pacitan.

Akhwani, & Nurizka, R. (2021). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706 Copyright

Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2(2), 53–59.

Jayanti, W. E., & Fahriza, N. (2018). Game Edukasi Kids Learning sebagai Media Pembelajaran Dasar Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Jurnal Khatulistiwa Informatika, VI(1), 78–86.

Nikiforidou, Z. (2018). Digital Games in the Early Childhood Classroom : Theoretical and Practical Considerations. In Digital Childhoods, International Perspectives on Early Childhood Education and Developmen (hal. 253–265). Springer Nature Singapore Pte Ltd. https://doi.org/10.1007/978-981-10-6484-5

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3260–3269. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347

Putra, D. W., Nugroho, A. P., & Wahyu Puspitarini, E. (2016). Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 1(1), 39–44.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON PADA GURU-GURU DI LINGKUNGAN GUGUS I BOGOR TENGAH KOTA BOGOR. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat, 03(03), 231–241.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Undang-Undang, 1, 1–34. http://www.kemenperin.go.id/kompetensi/UU_13_2003.pdf

Vitianingsih, A. V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD. Jurnal INFORM, 1(1), 1–8.

Downloads

Published

2022-01-25