Pemberdayaan Guru RA TAAM Adinda Melalui Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Corona Di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik

Authors

  • Muhammad Syaikhon Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nanang Rokhman Saleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, RA TAAM Adinda

Abstract

Salah satu masalah yang sedang menjadi isu hangat di kalangan masyarakat Indonesia khususnya di kota Gresik adalah masalah degradasi moral. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melaksanakan pengabdian masyarakat di tempat ini tepatnya di RA TAAM Adinda desa Kepatihan Menganti Gresik. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Corona Di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di RA TAAM Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik. Waktu pelaksanaan kegiatan dengan jangka waktu 5 bulan. Metode yang dilakukan adalah mengumpulkan para pendidik RA RA Taam Adinda Desa Kepatihan Menganti Gresik dan kemudian diberikan penyuluhan tentang Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Corona. Penyuluhan ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tingkat pengetahuan responden dapat diketahui dengan dilakukan pre test berupa kuesioner yang akan diisi oleh responden untuk mengetahui tingkat pengetahuan responden mengenai konsep pendidikan karakter bagi anak usia dini. Pre test dilakukan sebelum penyuluhan diberikan. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan responden mengenai masalah Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Corona dapat diketahui dengan membandingkan hasil post test yang telah diisi oleh responden setelah penyuluhan dilakukan dengan hasil pre test. Hasil luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah jurnal nasional/prosiding nasional dan laporan peningkatan pengetahuan, pemahaman dan kesadaran responden tentang Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Corona.

References

Agus Wibowo, 2013, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Agus Wibowo, 2012, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Membangun Karakter Di Usia Emas), Yogyakarta: Pustaka Belajar

Akhmad Muhaimin Azzet, 2014, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: ARRuzz Media

AKH. Muwafik Saleh, 2012, Membangun Karakter dengan Hati Nurani: Pendidikan Karakter untuk Generasi Bangsa, Malang: Erlangga

Syarbini Amirullah, 2012, Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan rumah, Jakarta: AS@-Prima Pustaka

Andi Prastowo, 2014, Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Carolyn Meggitt, 2013, Memahami Perkembangan Anak, Jakarta: PT Indeks Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pemalang, 2014, Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pemalang: Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Pemalang

Doni Koesuma A, (2010), Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo

Erie Sudewo, 2011, Character Building: Menuju Indonesia lebih baik, Jakarta: IKAPI Group.

Helmawati, 2015, Mengenal dan Memahami PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nadjib Muhammad dkk, 2016, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta : Gava Media

Downloads

Published

2022-01-25