Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Pada Lansia Di Desa Botoputih, Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Authors

  • Riezky Faisal Nugroho Poltekkes Kemenkes Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Nurul Hindaryani Poltekkes Kemenkes Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Khristine Saputri Poltekkes Kemenkes Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Lansia, Edukasi, Pengetahuan, Gizi, Seimbang

Abstract

Lansia tergolong golongan atau populasi yang memiliki resiko (population at risk) yang jumlahnya mengalami peningkatan setiap tahunnya (Kiik dkk., 2018). Populasi berisiko (population at risk) merupakan kelompok yang tergolong bermasalah dalam kesehatan dan berpotensi untuk berkembang menjadi lebih buruk akibat beberapa faktor risiko yang mempengaruhi (Allender et al., 2014). Lansia dalam menjalankan fungsi fisiologis pada tubuhnya juga tetap membutuhkan energi. Penurunan aktivitas selaras dengan usia yang semakin bertambah pada lansia, sehingga lansia tetap membutuhkan asupan gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang lengkap (Adriani dan Wirjatmadi, 2012). Program edukasi gizi seimbang bagi lansia dilaksanakan di desa Botoputih, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Kegiatan yang bekerjasama dengan pihak Puskesmas Tikung, Kabupaten Lamongan Jawa Timur melewati beberapa tahapan, yaitu: perijinan, persiapan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Program ini dilakukan selama 1 bulan dan kegiatan dilakukan 2 kali. Program ini mempunyai beberapa kegiatan yakni: pengukuran status gizi dan penyuluhan gizi seimbang bagi lansia dan konseling gizi. Jumlah lansia yang menjadi peserta sebanyak 44 orang. Ketercapaian kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang bagi lansia, sehingga lansia mampu untuk hidup sehat yang secara tidak langsung membantu meningkatkan status kesehatan lansia. Pengetahuan atau kognitif pada individu dipengaruhi oleh terbentuknya sikap dan perilaku individu tersebut. Pengetahuan merupakan faktor yang memiliki pengaruh dalam pemenuhan asupan nutrisi bagi lansia. Pengetahuan yang tinggi atau cukup pada lansia dapat mempengaruhi perilakunya untuk memenuhi nutrisinya. Dari hasil pengamatan edukasi gizi seimbang dari tim pengabdi, lansia mengalami peningkatan pengetahuan gizi sebesar 87 %. Rekomendasi dari kegiatan ini adalah diperlukan kegiatan serupa yang dilakukan secara rutin untuk mendukung program pemerintah, serta jenis kegiatan lain yang mendukung program gizi bagi lansia.

References

Adriani, M dan Wirjatmadi, B. (2012). Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana.

Allender, J. A., Rector, C., & Warner, K. D. (2014). Community Dan Public Health Nursing Promoting The Public’s Health (8th Ed.). Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Amran, Y., Kusumawardani, R., & Supriyatiningsih,N. (2010). Food Intake Determinant Factor Among Elderly. Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(6), 255-260.

Anggreini, D. (2018). Pendampingan Cara Menjaga Asupan Gizi Yang Baik dan Kesehatan Pada Lansia di Posyandu Jepun Kabupaten Tulungagung. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(2), 93–100.

Bahri, A. S., Putra, F. A., & Suryanto, M. S. (2017). Lansia Dengan Status Gizi Di Posyandu Lansia,10(1).

Kemenkes. (2019). Analisis Lansia Di Indonesia. Pusat Data Dan Imformasi Kemenkes.

Kiik, S. M. (2018). Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia (LANSIA) di Kota Depok Dengan Latihan Keseimbangan, Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 109-116.

Lin, W., & Lee, Y. (2005). Nutrition Knowledge, Attitudes And Dietary Restriction Behavior Of The Taiwanese Elderly. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, 14(3), 221-229.

Martono, H. (2010). Buku Ajar Boedhi-Darmojo Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lansia). Jakarta: FKUI.

Notoatmodjo. (2014). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: EGC.

Oenzil F. (2011). Gizi Meningkatkan Kualitas Manula. Jakarta: EGC.

Riskesdas. (2018). Ringkasan Hasil Riset Kesehatan Dasar.

Sofiana, L dan Khusna, A. F. N. (2019). Peningkatan Edukasi bagi Lansia Sehat dan Produktif. Jurnal Berdikari, 7(2), 148-153.

Stanhope Lancaster. 2016. Public Health Nursing: Population Centered Health Care In TheCommunity. USA Mosby.

Widayani, S. and Triatma, B. (2013). Penyuluhan Gizi Dan Kesehatan Serta Pembuatan Jus Sehat Untuk Lansia Agar Tetap Tampil Sehat Dan Ceria. Jurnal Abdimas, 17(1), 53–60

Downloads

Published

2022-01-25