Penguatan Ekonomi Keluarga di Masa Pandemi Melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Organik di Desa Weru Kabupaten Jombang

Authors

  • Agus Wahyudi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Tatik Muflihah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Surabaya, Indonesia

Keywords:

Tanaman organik, penguatan ekonomi, PRA

Abstract

Tujuan khusus kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberdayakan perempuan dalam mempertahankan kelangsungan hidup keluarga di masa pandemik covid-19. Melalui budidaya tanaman organik dengan berbasis kearifan lokal dan berkelanjutan di desa Weru kabupaten Jombang. Strategi yang digunakan adalah pemberdayaan kelompok sasaran dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal, metode pendidikan, pelatihan, demplot, pendampingan serta dilengkapi dengan teknik belajar sambil bekerja (learning by doing). Materi yang disampaikan adalah: (1) teknologi intensifikasi lahan dengan metode vertikultur, (2) teknologi budidaya sayuran organik berbasis POC, pestisida nabati serta PGPR, (3) teknologi pembuatan kompos dengan pengayaan agens hayati Trichoderma harzianum (Tricho-kompos) dengan aktivator mikroorganisme lokal,(4)teknologi pengendalian hama dan penyakit pada tanaman sayuran secara ramah lingkungan dengan menggunakan insektisida nabati dan mikroba antagonis, (5) teknologi efisiensi penggunaan air dengan irigasi tetes, (6) teknologi sortir, grading dan packing yang baik, (7) teknologi pemberdayaan untuk membentuk kelompok dan penguatan kelembagaan dan manajemen kelompok. Hasil dari kegiatan ini adalah: (1) kelompok sasaran/anggota KWT memiliki kemauan yang sangat tinggi terhadap informasi baru yang dapat membantu perekonomian keluarga terutama di masa pandemic covid-19, (2) dengan budidaya tanaman organik hasilnya dapat dinikmati oleh kelompok perempuan terutama bagi keluarga anggota KWT, (3) Kegiatan pengabdian ini dapat mendorong pola pikir dan pola tindak anggota KWT dalam budidaya tanaman organik dengan mengembangakan potensi yang dimiliki oleh desa dan kearifan lokal berkelanjutan.

References

Elizabeth, Rosganda., 2008. Peran Ganda Wanita Tani dalam mencapai ketahanan pangan di Pedesaan. Iptek Tanaman Pangan Vol.2 no. 1 tahun 2008.

Faisal. 2012. Sektor Pertanian Serap Tenaga Kerja Terbesar. http://poskota.co.id/beritaterkini/2010/11/30/sektor-pertanian-serap-tenaga-kerja-terbesar (online). diakses 15 Oktober 2015.

Ken Suratiyah, 2011. Ilmu Usahatani.Penebar Swadaya, Jakarta.

Mardikanto, 2001. Penyuluhan Pertanian. Yayasan Pengembangan Sinar Tani, Jakarta.

Moleong, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nurpilihan, Handarto, Sarifah Nurjannah., 2000. Dampak Sosial Modernisasi Terhadap Peranan wanita di pedesaan di Kabupaten Bandung. Jurnal Sosial humaniora, Vol.2 No.3 Desember 2000, Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran Bandung, Kotamadya

Bandung.

Purnasari, L., 2014. Pemberdayaan Perempuan melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Bagi Aktualisasi Perempuan di Desa Kemanukan Bagelen Purworejo Jawa Tengah, Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Suhamadinata., Nana Syadih, 2006. Metode Penelitian Pendidikan, PT.Remaja Rosdakarya offset, Bandung.

Soekartawi, 2006.Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi, Rajawali Pers, Jakarta

Downloads

Published

2022-01-25