HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA DI PRODI ILMU KESEHATAN MASYARAKAT UNUSA

Authors

  • Novera Herdiani
  • Dwi Handayani

Keywords:

Status gizi, Indeks Prestasi Kumulatif, mahasiswa

Abstract

Status gizi merupakan keadaan yang ditentukan oleh derajat kebutuhan fisik terhadap energi dan zat-zat gizi yang diperoleh dari asupan makanan yang dampak fisiknya dapat diukur. Status gizi dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan dan kemampuan mahasiswa dalam menangkap pelajaran. Tujuan mengetahui karakteristik berdasarkan umur dan jenis kelamin, status gizi, IPK, dan hubungan antara status gizi dengan IPK mahasiswa semester 3 dan 7 di Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat UNUSA. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 dan 7 Prodi IKM Fakultas Kesehatan UNUSA. Teknik pemilihan sampel dengan cara Purposive Sampling dan jumlah sampel sebesar 104 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian adalah pengukuran (berat badan dan tinggi badan) kemudian dihitung Indeks Massa Tubuh (IMT) dan dokumenter (pengumpulan rata-rata nilai IPK). Analisis data dilakukan menggunakan uji deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar merupakan mahasiswa berumur 20 tahun (34,6%) dan berjenis kelamin perempuan (76,9%). Kategori status gizi normal (55,8%), sedangkan obesitas terbanyak kedua setelah status gizi normal, yaitu (19,2%). Paling sedikit responden berstatus gizi gemuk (6,7%). Berdasarkan IPK sebagian besar pada IPK >3,50 (50%). Responden yang memiliki IPK < 3,00 (2,9%). Rata-rata IPK responden adalah 3,49, sedangan IPK terendah adalah 2,86 dan IPK tertinggi 3,94. Penelitian ini menunjukkan bahwa status gizi tidak memiliki hubungan dengan IPK, meskipun status gizi mahasiswa baik belum tentu bisa mendapat IPK baik pula. Hal ini diduga karena masalah gizi masih dalam tahap ringan sehingga tidak mempengaruhi IPK. Disarankan faktor lain diteliti yaitu psikologi, sosial, serta metode dan strategi belajar.

Downloads

Published

2018-11-05

Issue

Section

Articles